Advertisements

Epic!: aplikasi iPad berisi ribuan buku anak-anak bermutu, untuk merangsang minat membaca dan penguasaan kosakata

Epic-iOS-screenLebih dari 30 persen rumah tangga di Amerika sudah memiliki perangkat tablet, seperti Apple iPad, Amazon Kindle, dan Samsung Galaxy Tab. Dengan begitu banyaknya komputer tablet yang tersebar di rumah-rumah, sebagian besar orang tua cenderung membatasi anak-anak mereka bermain games atau nonton video di tablet. Orangtua berupaya untuk mendorong anak-anak membaca buku secara rutin.

Dua orang pendiri perusahaan di Silicon Valley yaitu Suren Markosian (tenaga ahli pembuatan online games) dan Kevin Donahue (mantan eksekutif YouTube) melihat peluang pasar buku anak-anak untuk usia 2 sampai 12 tahun. Untuk merangsang minat membaca dan penguasaan kosakata, keduanya mendirikan Epic! pada bulan Januari 2013 di kota Palo Alto, California.

Ketika mendirikan Epic!, pendiri startup ini berpendapat bahwa anak-anak dan orangtua masih sulit menemukan buku-buku kuno bermutu dalam bentuk elektronik. Untuk itu, Epic! menyediakan akses lebih dari 2.000 judul e-book berkualitas tinggi secara online maupun offline. Semua buku dapat di-streaming secara instan, sehingga pembaca tidak perlu menunggu ataupun men-download file yang besar. Setelah pembaca melewati masa uji-coba secara gratis, layanan berlangganan akan dikenakan biaya sekitar $10 per bulan atau sekitar $80 per tahun.

Layanan Epic! seolah-olah seperti restoran buffet, dimana pembaca boleh membaca segala macam buku yang tersedia untuk anak-anak. Tujuannya untuk membantu anak-anak menjadi gemar membaca. Semua buku sudah dipilih khusus oleh tenaga ahli penerbitan buku anak-anak, guru, dan orang tua.

Untuk menunjang minat pembaca, setiap minggu Epic! memperbarui perpustakaan dengan buku baru, buku klasik, dan buku dari pengarang atau jago gambar yang sudah memenangkan penghargaan.

Untuk merangsang minat membaca dan penguasaan kosakata, Epic! menyediakan lencana yang dapat diberikan kepada anak-anak sebagai imbalan ketika selesai membaca sebuah buku dan berprestasi penguasaan kosakata. Aplikasi Epic! juga menyediakan alat supaya orangtua bisa melacak jumlah waktu membaca dan memberi tanda semua buku yang sudah dibaca .

Untuk sementara semua e-book hanya dapat diakses dengan perangkat iOS versi 6.0 dan 7.0 (khususnya untuk iPad generasi kedua keatas dan iPad Mini). Epic! memperbarui aplikasi dengan meluncurkan versi 0.92 pada tanggal 13 Februari 2014 dan membutuhkan kapasitas disk-space 52.1 MB. Aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Epic-homepage-High-Quality-eBooks-for-Kids

(Images: top right, Epic! iOS app; bottom, Epic! homepage showing “High Quality eBooks for Kids”)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s