Advertisements

SendUs: mengembangkan bisnis dan melakukan promosi produk dengan melibatkan pelanggan yang berbagi ide melalui video

Super_Bowl_ad_Doritos_Fashionista_Daddy_2013Beberapa tahun terakhir ini perusahaan dan pemegang merek terkemuka berlomba-lomba memasang iklan di Super Bowl yang merupakan acara pertandingan olahraga terbesar di Amerika. Pada acara siaran langsung ini, setiap iklan video yang diputar selama 30 detik di depan ratusan juta penonton TV akan dikenakan biaya minimal $3 juta dollar. Salah satu pemasang iklan di Super Bowl pada bulan Februari 2013 lalu adalah Doritos, sebuah perusahaan pembuat makanan snack. Pada pertandingan utama ini Doritos menayangkan sebuah iklan yang diberi judul ‘Fashionista Daddy‘ dimana seorang ayah di sogok oleh anak perempuannya dengan sekantong Doritos untuk memerankan sebagai putri cantik. Iklan TV ini adalah hasil karya dari penggemar makanan snack yang memenangkan perlombaan iklan buatan sendiri yang diselenggarakan oleh Doritos.

SendUs-logoSendUs memakai bisnis model yang mirip dengan cara kerja Doritos, dengan mengandalkan ide untuk iklan yang diambil dari khalayak ramai. SendUs merupakan suatu platform untuk mengelola pengiriman video dan memungkinkan perusahaan melibatkan pelanggan, pendukung atau pemirsa untuk memasukkan hasil karya mereka sambil mengamankan hak cipta penggunaan konten video. Setiap video yang disimpan di SendUs dapat di-download oleh penonton dalam bentuk format yang sesuai dengan keinginan mereka. Video dapat disebar-luaskan atau dibagi-bagikan dengan mudah melalui situs web, jaringan sosial, dan melalui perangkat seluler (ponsel pintar dan tablet).

SendUs didirikan pada tahun 2012 dan berbasis di kawasan perkantoran Culver City di bagian barat kota Los Angeles. Selama satu tahun terakhir ini SendUs bekerja di bawah radar dan baru meliris versi 2.0 layanan mereka minggu ini. Platform yang diperbarui ini dapat dipakai untuk memudahkan perusahaan dan organisasi mengajak pelanggan, pendukung atau penonton, bersama-sama menciptakan video yang dapat dipersembahkan sebagai alat mengembangkan bisnis ataupun melakukan promosi produk dan layanan.

Selama beroperasi secara terselubung, SendUs sudah berhasil merangkul beberapa langganan dari perusahaan dan organisasi terkemuka, seperti perusahaan pencipta acara televisi American Idol (FremantleMedia), maskapai penerbangan Singapore Airlines, perusahaan mobil Eropa Peugeot, operator seluler Nextel International, organisasi lingkungan sehat Sierra Club, dan yayasan penanggulangan penyakit kanker Susan G. Komen. Dalam peluncuran produk yang diperbarui ini, SendUs yang berada dibawah naungan perusahaan induk Citizen Global Inc. juga mengungkapkan bahwa startup ini sudah menerima pendanaan awal sejumlah $17 juta dollar yang didukung oleh sekolompok investor swasta yang belum diumumkan secara resmi.

(Images: top right, 2013 Super Bowl ad ‘Fashionista Daddy‘ by Doritos; middle left, SendUs logo; bottom, click here to watch a video demo by SendUs)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s