Advertisements

Actifio: membuat satu salinan data dari aplikasi produksi, mengelola lebih ekonomis untuk digunakan kembali

Actifio-CSE-LogoCara penyimpanan salinan data selama ini masih tergantung dengan server tertentu di dalam satu organisasi, yang mana masih membutuhkan tenaga IT untuk memindahkan dan melakukan pengarsipan dalam bentuk piringan disket, seperti menggunakan Blu-ray disc. Sayangnya cara ini membutuhkan salinan data berulang kali dan menghabiskan biaya besar. Malah Sony dan Panasonic baru-baru memperkenalkan Archival Disc untuk keperluan tsb. Salinan data biasanya digunakan untuk analisis, backup, pemulihan akibat serangan hacking, kerusakan, atau keperluan lainnya.

Actifio menggunakan inovasi teknologi virtualisasi, dengan melakukan salinan terhadap aplikasi dan data. Dengan mengandalkan perangkat lunak yang cerdas maka secara otomatis, terus-menerus, membuat satu salinan data persis dari aplikasi produksi. Apabila terjadi kerusakan atau akibat serangan hacking, maka memungkinkan salinan data tersedia dan dapat digunakan kembali setiap saat.

Dalam sebuah blog post yang ditulis oleh pendiri dan CEO Actifio Ash Ashutosh ketika merayakan 5 tahun berdirinya startup ini, Ash menyatakan bahwa jumlah pemakai layanan salinan data dari Actifio berkembang 182% dari tahun sebelumnya, dengan pelanggan berasal dari 30 negara. Daftar klien termasuk IBM, SunGard, dan Time Warner Cable. Ash menambahkan bahwa untuk membantu pelanggan mengatasi teknologi lama dan warisan sistem model lama, Actifio meluncurkan satu tim ahli dan insinyur kawakan yang dikenal sebagai Customer Success Engineering (CSE).

Actifio didirikan pada tahun 2009 di kota Waltham, dekat kota Boston. Minggu ini Actifio mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kelima (Seri E) sejumlah $100 juta dollar yang dipimpin oleh Tiger Global Management. Pendanaan pada putaran ini juga di dukung oleh North Bridge Venture Partners, Greylock IL, Advanced Technology Ventures, Technology Crossover Ventures, dan Andreessen Horowitz. Pada kesempatan pendanaan ini, pendiri Ash Ashutosh memperkirakan bahwa perusahaan startup ini sudah memiliki nilai pasar yang mencapai sekitar $1 miliar dollar. Sejak didirikan sudah menerima modal kerja sekitar $208 juta dollar.

actifio-homepage-screenshot

(Images: top right, Actifio CSE; bottom, Actifio homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s