Advertisements

Fivestars: membangun relasi bisnis secara otomatis dan mendukung loyalitas pelanggan dengan menawarkan imbalan

FiveStars-logoRestoran, kedai kopi, dan toko eceran mengandalkan program loyalitas untuk mempengaruhi masyarakat supaya lebih sering kembali belanja dan menghabiskan uang lebih banyak di toko mereka. Pedagang besar maupun ukuran kecil seringkali menawarkan berbagai imbalan seperti kartu hadiah yang dapat ditukar dengan barang. Untuk menerapkan program loyalitas, biasanya hanya pedagang besar (seperti, kedai kopi Starbucks) yang mampu membiayai teknologi otomatisasi, sedangkan pedagang kecil masih menggunakan sebuah kartu kecil dari bahan karton dan memberi stempel ketika pelanggan berbelanja.

Fivestars melihat peluang melayani segmen pasar pedagang kecil dan menengah. Startup ini membangun sebuah platform yang terhubung dengan system pembayaran lewat kasir toko. Fivestars menciptakan teknologi mencatat loyalitas pelanggan tanpa menggunakan kartu dan stempel, tapi dilakukan lewat aplikasi ponsel pintar untuk iOS dan Android. Dengan inovasi teknologi ini, maka memungkinkan pedagang kecil menawarkan program loyalitas dan terus bisa bersaing dengan pedagang besar. Program loyalitas termasuk memberikan diskon dan kupon untuk memikat pelanggan.

FiveStars-iOS-app-Keunggulan Fivestars terletak pada kemudahan bagi pedagang untuk melacak pemberian kupon bagi pelanggan. Startup ini juga membantu pedagang menyimpan informasi pelanggan, sehingga memudahkan pedagang melacak pola belanja dan kunjungan ke toko.

Startup ini mengalami perkembangan sangat pesat. Dalam sebuah blog post, eksekutif perusahaan ini menyatakan bahwa pendapatan hari ini mengalami pertumbuhan tiga kali lipat dari satu tahun lalu. Platform Fivestars sudah dipakai oleh lebih dari 5.300 usaha kecil dan menengah di seluruh Amerika dan Kanada. Toko-toko ukuran kecil berhasil memberikan 2,6 juta hadiah kepada pelanggan, dimana jumlah pelanggan yang berpartisipasi di program loyalitas sudah tercatat empat juta pelanggan. Dengan mengandalkan inovasi teknologi, startup ini juga membantu pedagang secara otomatis mengirim pesan teks dan email, supaya pelanggan segera kembali berbelanja.

Fivestars didirikan pada tahun 2011 di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $26 juta dollar yang dipimpin oleh Menlo Ventures dan didukung oleh Lightspeed Venture Partners, DCM dan Rogers Communications. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $45 juta dollar.

(Images: top right, Fivestars logo; middle left, Fivestars iOS app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s