Advertisements

Little Bird: mengidentifikasi sumber berita terpopuler, kemudian menemukan orang yang berpengaruh di bidang tertentu

Sudah banyak tersedia alat-alat teknologi untuk mengukur pengaruh dan popularitas dari tokoh masyarakat dan selebriti, misalnya memakai Kim Kardashian untuk menjual produk fashion, atau menyewa Cristiano Ronaldo untuk mempromosikan peralatan sepak bola. Sedangkan Little Bird lebih berfokus mengukur pengaruh orang-orang dan organisasi yang relevan dengan topik tertentu atau dari suatu industri. Dengan melihat data, konten, dan sumber berita terpopuler, maka Little Bird membantu para pemasar untuk segera mengambil tindakan cepat, supaya dapat mendorong penjualan produk dan layanan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERAKeistimewaan Little Bird dibandingkan dengan layanan sejenis, startup ini memudahkan pengguna untuk menemukan orang-orang yang terlibat pada suatu industri, kemudian menggunakan pengaruh, koneksi dan pengetahuan mereka untuk kepentingan perusahaan. Keterlibatan orang yang berpengaruh pada suatu produk sangat efektif untuk mendorong bisnis. Demikian pula kehadiran orang yang berpengaruh bisa sekaligus membantu pemasaran dan penjualan.

Untuk memahami pengaruh dari masyarakat, Little Bird menangkap sinyal sosial dari Twitter dan menguras konten dari para bloggers. Kemudian menggabungkan informasi dengan jaringan sosial Facebook, LinkedIn, dan Google+. Juga mendulang konten dari YouTube dan jaringan lainnya. Hanya pengguna yang membayar iuran bulanan boleh memakai fitur-fitur tsb. Daftar pengguna termasuk perusahaan yang masuk dalam daftar top 500 majalah Fortune.

Little Bird didirikan pada bulan November 2011 dan berbasis di kota Portland, Oregon. Startup ini hanya memiliki 6 karyawan saat ini. Menjelang akhir minggu ini mengumumkan penerimaan modal kerja sejumlah $1,7 juta dollar yang dipimpin oleh Oregon Angel Fund. Sebelumnya pada akhir tahun 2012 sudah menerima modal awal sejumlah $1 juta dollar dari sekompok investor, termasuk billionaire Mark Cuban (salah satu investor tekemuka Silicon Valley dan pemilik klub basketball Dallas Mavericks).

(Image: middle left, Little Bird photographed by Inovasi.com)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] terakhir ini, sudah ada beberapa startup yang didirikan di kota ini, seperti Chirpify, Janrain, dan Little Bird. Hebatnya, startup- startup tsb. sudah menerima pendanaan untuk modal kerja berjuta-juta dollar […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s