Facebook Live: memudahkan selebriti melakukan live-streaming, supaya dapat berbagi siaran video langsung dengan fans

Facebook-LiveSejak awal tahun 2015, perusahaan media sosial di Amerika berlomba-lomba mengembangkan inovasi aplikasi untuk menyiarkan video secara langsung melalui ponsel pintar (smartphone). Pada mulanya, aplikasi live-streaming seperti Meerkat dan Periscope, hanya dapat dijalankan dengan system operasi iOS (iPhone, iPad). Kemudian setelah meraup banyak pengguna, maka pengembang membangun aplikasi untuk perangkat Android (misalnya, Samsung Galaxy, Google Nexus, HTC One, Xiaomi Mi4).

Aplikasi Meerkat live-streaming terintegrasi dengan Twitter dan diluncurkan menjelang akhir bulan Februari. Selama bulan pertama sejak diluncurkan, Meerkat merupakan aplikasi yang paling populer di toko Apple Store. Karena takut kalah bersaing memperebutkan pengguna, Twitter mengakuisisi perusahaan startup Periscope dengan nilai sekitar $100 juta dollar. Twitter secara resmi meluncurkan aplikasi Periscope untuk live-streaming pada bulan April.

Pada tanggal 5 Agustus ini jaringan sosial terbesar di dunia dengan 1,5 miliar pengguna mengikuti jejak pembuat aplikasi Meerkat dan Periscope, dan meluncurkan fitur yang dinamakan Facebook Live. Sayangnya, fitur canggih untuk live-streaming ini hanya tersedia untuk kalangan selebriti yang sudah diverifikasi dan sudah tergabung dalam kelompok pengguna Facebook Mentions.

Ada banyak keunggulan Facebook Live bagi para bintang film, atlet, musisi, politisi dan tokoh masyarakat. Ketika para selebriti menyiarkan video langsung, mereka seolah-olah berinteraksi secara intim dengan fans. Siaran langsung terasa lebih asli daripada penulisan dan foto. Apalagi banyak foto dan penulisan dikarang dan dipasang oleh orang lain.

Sudah pasti Facebook akan terus mempelajari perkembangan fitur Live, terutama kapasitas server yang menyimpan dan menyalurkan live-streaming. Apabila fitur Live berhasil membantu selebriti menambah fans, maka Facebook bisa memungut biaya penyiaran langsung atau menyediakan slot iklan dengan biaya pemasangan yang lebih tinggi dari harga standar. Hal ini akan menambah omzet penjualan iklan bagi jaringan sosial terbesar di dunia ini.

(Images: top right, Live via Facebook Mentions)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] membenahi diri dengan meluncurkan fitur-fitur baru yang dapat memikat pengguna remaja, seperti meluncurkan Live untuk menayangkan video langsung dari selebriti, memperbarui tombol “tidak suka” dengan emoji […]

  2. […] berlomba-lomba menambah fitur livestreaming, seperti Twitter’s Periscope dan Meerkat. Setelah melakukan uji-coba sejak awal bulan Agustus 2015 di kalangan bintang film, olahragawan, dan selebriti, maka Facebook […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s