Advertisements

Meerkat: aplikasi iOS untuk melakukan streaming video siaran langsung dari ponsel dan terintegrasi dengan Twitter

Meerkat-homepageSelama dua minggu terakhir ini sedang terjadi suatu keajaiban inovasi di dunia teknologi di Amerika. Hampir semua tajuk berita terkini memuat liputan terhadap sebuah perusahaan teknologi berbasis di Israel, Life On Air, yang meluncurkan aplikasi Meerkat untuk perangkat iOS pada tanggal 22 Februari. Aplikasi ini tersedia secara gratis melalui toko App Store.

Orang-orang yang sudah men-download aplikasi Meerkat ke ponsel iPhone atau iPad mereka akan menjadi kecanduan melakukan streaming video siaran langsung tentang diri mereka dan lingkungan sekitarnya. Keunggulan aplikasi ini karena sangat mudah digunakan dan hanya membutuhkan sentuhan sekali pada tombol. Ketika memakai aplikasi Meerkat, pengguna secara otomatis berubah karir menjadi seorang penyiar siaran langsung di Internet.

Meerkat adalah aplikasi yang sudah terintegrasi dengan Twitter, sehingga memudahkan pengguna mengirim streaming video siaran langsung ke Twitter akun dan ke semua pengikut mereka. Dengan menulis “Write what’s happening …” ke aplikasi Meerkat, dan kemudian satu kali klik ke “Stream” di aplikasi, maka pengguna dapat segera mengirimkan URL link yang memuat video. Link ini kemudian diterima penonton untuk menyaksikan siaran langsung, sekaligus memberi komentar saat itu juga.

Meerkat-iOS-app

Ada beberapa aturan penggunaan Meerkat. Semua aktivitas yang terjadi pada Meerkat, secara otomatis juga akan terjadi di Twitter. Pengikut Twitter akan menerima pemberitahuan tentang video yang sedang ditayangkan secara langsung. Semua pengikut Twitter dapat menonton video secara langsung, dimana informasi avatar mereka ditampilkan di atas layar video. Hampir mirip dengan cara kerja Snapchat yang menampilkan foto untuk jangka pendek atau dikenal dengan istilah ephemeral, maka pengikut Twitter tidak dapat menonton tayangan secara ulang. Pengguna aplikasi Meerkat dapat menyimpan semua tayangan video ke dalam perangkat mobile mereka, sedangkan pengikut tidak dapat menyimpannya.

Kehadiran aplikasi Meerkat sangat memukau para pengamat kemajuan inovasi teknologi di Amerika. Banyak pengamat percaya bahwa Meerkat membantu memperluas jangkauan Twitter di jaringan sosial, yang semakin ramai dengan pendatang baru. Bahkan sebagian pengamat yakin bahwa pemimpin aplikasi foto dan video di jaringan sosial seperti Instagram dan Snapchat akan bekerja keras untuk meluncurkan aplikasi sejenis Meerkat supaya tetap bersaing mempertahankan pengguna.

(Images: top right, Meerkat homepage; middle, Meerkat iOS app; bottom, Meerkat video demo)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] video dengan format 480p. Dalam upaya menandingi penyedia teknologi video lainnya, seperti YouTube, Meerkat, Instagram, dan Facebook, maka menjelang akhir bulan Maret 2015, Vine mengumumkan perubahan format […]

  2. […] jejaring sosial Twitter meluncurkan aplikasi Periscope yang mirip dengan cara kerja aplikasi Meerkat. Meskipun akan bersaing ketat dengan aplikasi Meerkat yang lebih inovatif dan baru saja diluncurkan […]

  3. […] secara langsung melalui ponsel pintar (smartphone). Pada mulanya, aplikasi live-streaming seperti Meerkat dan Periscope, hanya dapat dijalankan dengan system operasi iOS (iPhone, iPad). Kemudian setelah […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s