Localytics: untuk pemasaran aplikasi, melakukan analisis dan prediksi tentang niat pengguna setelah meng-instal

Localytics-logoSelain menciptakan aplikasi perangkat mobile dengan inovasi teknologi terkini, pembuat aplikasi seringkali menghadapi masalah untuk mempertahankan pengguna, supaya tetap setia setelah sesi pertama. Peneliti memperkirakan bahwa lebih dari 20 persen pengguna tidak memperbaharui langganan mereka dalam batas uji-coba 30 hari pertama. Ini berarti satu diantara lima pengguna meninggalkan aplikasi yang baru di-instal.

Localytics adalah platform untuk memasarkan aplikasi mobile. Platform ini menyediakan berbagai inovasi alat untuk melakukan analisis dan prediksi tentang niat pengguna setelah mereka meng-instal ke perangkat mobile mereka.

Dengan cara mendulang data pengguna secara historical, maka Localytics memberikan kemampuan intelijen secara prediktif. Tim riset dapat melakukan berbagai analisis untuk menemukan tren. Kemudian tim ahli mempelajari pengalaman pengguna, mencari solusi untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, sekaligus membuka jalan untuk meningkatkan retensi pelanggan (misalnya, memberi diskon supaya pelanggan segera membayar upgrade ke aplikasi tingkat premium atau level yang lebih tinggi).

Localytics menyediakan teknologi untuk memilah data ke dalam segmen-segmen. Dengan menggunakan inovasi mesin pintar yang dapat belajar sendiri, Localytics memberikan prediksi niat kelompok pengguna yang dapat diselamatkan sebelum mereka meninggalkan aplikasi yang baru saja di-instal.

Setelah menemukan kelompok pengguna yang dapat ditolong, Localytics memberi kemudahan bagi pemasar mengirim email personalisasi, memberi penawaran istimewa (diskon), membantu pengguna yang ragu-ragu menjadi pelanggan tetap, dan lain sebagainya.

Teknologi Localytics sudah dipasang ke dalam 32.000 aplikasi dan tersebar ke dalam 2,3 miliar perangkat di seluruh dunia. Daftar perusahaan yang sudah menggunakan jasa Localytics termasuk perusahaan lelang eBay, stasiun penyiaran olahraga ESPN, kantor berita Fox, surat kabar terkemuka New York Times, toko pakaian Nordstrom, alat membaca elektronik NOOK, aplikasi kebugaran MyFitnessPal, dan lainnya.

Localytics didirikan di kota Boston pada tahun 2009. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran ke-empat (Seri D) sejumlah $35 juta dollar yang dipimpin oleh Sapphire Ventures dan didukung oleh Foundation Capital dan Polaris Partners. Total modal kerja sejak didirikan sudah mencapai $60 juta dollar.

Localytics-Product-Group

(Images: top right, Localytics logo; bottom, Localytics product group)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s