Advertisements

Layout: Instagram meluncurkan aplikasi iOS untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu koleksi gambar tunggal

Anak usaha jaringan sosial terbesar didunia Facebook, Instagram, memperkenalkan inovasi aplikasi yang dinamakan Layout. Aplikasi ini membantu 300 juta pengguna Instagram menggabungkan beberapa foto menjadi satu koleksi gambar tunggal yang sangat menarik.

Aplikasi ini memberi cara baru untuk meningkatkan kreativitas, supaya pengguna dapat menyatukan foto berbeda dari beberapa album. Setelah foto digabungkan menjadi gambar tunggal, maka hanya dengan satu klik ke tombol berbagi foto, maka dapat dikirim ke Facebook, Twitter, Instagram, dan jaringan sosial lainnya.

layout-instagram-

Layout menyediakan banyak pilihan kreasi untuk menampilkan gambar tunggal yang berisi beberapa foto, dengan menampilkan filter yang berbeda. Layout dapat diracang dalam bentuk kotak, memanjang, lebar, vertikal, horisontal, sekelompok foto kecil, dan banyak lagi. Saat diluncurkan sudah tersedia 16 macam pilihan tata peletakan foto.

Pengguna Layout diberi kontrol artistik penuh. Pengguna cukup menyeleksi foto dari album dan mengatur ukuran. Foto dapat diperbesar dengan cara zoom atau memperkecil sesuai ukuran yang tepat. Foto juga dapat diputar balik dalam posisi terbalik dan menambah efek cermin.

Ada dua fitur yang akan selalu dipakai oleh pengguna. Pertama, fitur “Faces” berupa alat canggih yang dapat membaca foto-foto yang berisi wajah orang sehingga mudah menyeleksi foto close-up manusia dari pemandangan atau barang. Kedua, fitur “Recents” untuk memberi tanda terhadap foto-foto yang sudah pernah dipakai dalam koleksi sebelumnya, sehingga pengguna tidak perlu lagi mengulang foto yang sama.

Layout versi 1.0.0 secara resmi diluncurkan pada tanggal 23 Maret 2015. Aplikasi ini membutuhkan 4.8 MB disk space. Tahap awal peluncuran hanya tersedia untuk perangkat iOS (iPhone, iPad dan iPod). Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Belanda, Inggris, Indonesia, Itali, Jerman, Jepang, Perancis, Spanyol, Tionghua, Vietnam, dan beberapa bahasa lainnya.

Pemilik perangkat yang dijalankan dengan system operasi iOS dapat men-download aplikasi Layout lewat toko Apple App Store. Sedangkan pemilik perangkat yang dijalankan dengan Android harus bersabar menunggu beberapa bulan lagi.

(Images: top center, Instagram Layout)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] format 480p. Dalam upaya menandingi penyedia teknologi video lainnya, seperti YouTube, Meerkat, Instagram, dan Facebook, maka menjelang akhir bulan Maret 2015, Vine mengumumkan perubahan format video dari […]

  2. […] jaringan sosial Facebook, 14 persen membuka akun Twitter, 14 persen mengambil foto dengan aplikasi Instagram, dan 11 persen menonton dan merekam video lewat aplikasi Snapchat. Tidak heran ada 17 persen […]

  3. […] untuk memotret, anak usaha jaringan sosial Facebook sudah menyediakan aplikasi Hyperlapse dan Layout. Sekarang dilanjutkan dengan meluncurkan aplikasi baru yang dinamakan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s