Advertisements

Remitly: membantu pekerja imigran di Amerika mengirim uang ke Filipina dan India, dengan biaya transfer murah

Remitly-logoAda sekitar 200 juta pekerja imigran meninggalkan negaranya untuk bekerja di luar negeri. Pekerja di negara asing sering menghadapi kendala untuk mengirim uang ke kampung halamannya, karena perusahaan penyedia jasa pengiriman uang (misalnya, bank) biasanya meminta biaya transfer yang mahal.

Remitly menyediakan layanan pengiriman uang lebih mudah karena memanfaatkan inovasi ponsel dan kemajuan Internet. Remitly memiliki berbagai keistimewaan dibandingkan dengan penyedia jasa lainnya karena imigran dapat mengirim uang dalam jumlah besar tetapi hanya membayar biaya kirim standar.

Dibandingkan dengan penyedia pengiriman uang lain yang ada di pasar, mereka biasanya mencantumkan tarif sekitar 8 persen dari total pengiriman sebagai ongkos kirim, sedangkan Remitly hanya meminta 2 persen. Remitly mengalami pertumbuhan 400 persen dari tahun-ke-tahun dan omzet mentransfer uang lebih dari $100 juta dollar setiap tahun.

Ketika didirikan pada bulan Mei tahun 2011, Remitly hanya menyediakan layanan untuk pekerja imigran di Amerika untuk mengirim uang ke Filipina. Sekarang sudah mengembangkan usaha untuk melayani pekerja imigran dari India.

Untuk mentransfer uang ke negara asalnya, pekerja imigran tidak perlu membawa uang tunai ke bank sehingga lebih efisien, tetapi mereka cukup mengesekkan kartu kredit atau kartu bank debit. Hanya dalam waktu sangat singkat, teman-teman dan keluarga di kampung halaman segera menerima pembayaran. Karena menggunakan system pembayaran dari ponsel ke ponsel, maka proses penerimaan uang juga lebih cepat daripada system tradisionil.

Remitly menyediakan layanan di 45 negara bagian di Amerika Serikat, sehingga pekerja imigran lebih mudah melakukan deposito. Setelah uang dikirim, kemudian penerima bisa langsung menerimannya di jaringan bank di India dan Filipina.

Remitly mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $12,5 juta dollar. Penyedia modal pada putaran ini adalah Draper Fisher Jurvetson (DFJ) dan DN Capital. Pendukung modal pada putaran ini termasuk penyedia modal dari putaran sebelumnya, termasuk QED Investors dan Trilogy Equity Partners. Sebelumnya pada bulan Desember 2012, sudah menerima pendanaan awal sekitar $5 juta dollar. Total dana yang sudah dikumpulkan sejak didirikan sudah mencapai sekitar $23 juta dollar.

Remitly-homepage

(Images: top right, Remitly logo; bottom, Remitly homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s