Advertisements

Aggregift: layanan pemberian hadiah istimewa dengan mengumpulkan dana secara patungan, sambil memanfaatkan jaringan sosial

aggregift-homepage-screenshotSaat ini ekonomi di Amerika berangsur-angsur membaik, tetapi tidak berarti semua orang sudah sanggup menyisihkan uang untuk berbelanja hadiah istimewa untuk merayakan acara-acara khusus. Walaupun kantong kempes, tetapi masih banyak orang yang ingin memberikan hadiah yang bernilai tinggi untuk teman dekat atau anggota keluarga pada hari-hari khusus. Misalnya, hadiah kereta bayi bagi pasangan yang sedang menantikan bayi pertama biasanya mencapai sekitar $200, padahal standar nilai hadiah untuk kalangan umum hanya berkisar $25 sampai $50. Untuk bisa mengumpulkan dana secara patungan diantara teman-teman atau sanak keluarga, maka sekarang sudah hadir sebuah layanan dari Aggregift yang memungkinkan pengguna untuk memulai kampanye berbelanja hadiah istimewa dengan pendanaan secara kelompok.

Setelah melakukan uji coba beberapa bulan ini dengan ribuan pengguna, Aggregift meluncurkan layanan dengan cara baru untuk membeli barang di toko online seperti melalui Amazon. Startup ini memungkinkan pengguna untuk membeli hadiah istimewa secara patungan. Bagi yang mengajak untuk menyediakan hadiah istimewa kepada teman dekat atau anggota keluarga, pengguna mendaftarkan akun di Aggregift dan kemudian menelusuri situs Amazon untuk mencari barang yang cocok. Setelah memilih hadiah yang disukai, pengajak akan dibuatkan sebuah halaman khusus di situs Aggregift dengan link berupa alamat website yang memakai sub-domain. Link ini boleh dikirim ke teman atau anggota keluarga melalui email, texting, Twitter, atau di pasang di halaman dinding Facebook.

Apabila jumlah uang yang dikumpulkan secara patungan sudah cukup untuk membeli barang yang diinginkan, Amazon akan segera mengirimkan hadiahnya. Bagi yang sudah terlanjur memilih hadiah dalam bentuk barang, tetapi tidak sesuai dengan keinginan penerima hadiah, maka Aggregift dapat mengubahnya dalam bentuk kartu hadiah dengan jumlah nilai yang sama. Demikian pula apabila jumlah uang yang dikumpulkan tidak cukup untuk membayar barang yang diinginkan, maka Aggregift akan mengubahnya dalam bentuk kartu hadiah.

Untuk menunjang kelangsungan usaha startup ini, layanan Aggregift tidak diberikan secara cuma-cuma karena setiap transaksi akan dikenakan biaya sekitar 4 persen dari harga barang. Cara baru untuk mengumpulkan dana secara patungan ini merupakan inovasi teknologi terbaru di dunia e-commerce, Aggregift sangat berguna bagi pengguna yang tidak mampu membayar sendiri hadiah yang bernilai mahal untuk teman baik, tetapi setidaknya salah satu teman sudah berusaha untuk mengajak beberapa teman atau anggota keluarga untuk berpartisipasi, dan menemukan kado istimewa yang sangat berarti pada hari-hari khusus.

(Image: top right, Aggregift homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s