Advertisements

Mounza: aplikasi yang menghubungkan mahasiswa dengan jaringan karir, melacak acara perekrutan karyawan di kampus

Mounza-logoSelagi masih di bangku kuliah, sebagian besar mahasiswa hanya sibuk keluar masuk ruang kelas dan belum tentu tahu kalau ada acara-acara perekrutan calon karyawan yang diselenggarakan oleh jaringan karir di kampus. Banyak mahasiswa yang kehilangan kesempatan ketika ada acara pameran karir, sesi informasi dengan perusahaan, undangan khusus mendengarkan pembicara dari pengusaha terkemuka, mengikuti panel kewirausahaan, perlombaan merancang komputer koding semalam suntuk, dan lain sebagainya. Karena kurang dibekali informasi, ini menyebabkan mahasiswa baru merasakan betapa sulitnya untuk mencari pekerjaan setelah mendekati hari-hari wisuda.

Mounza meluncurkan sebuah aplikasi untuk perangkat iOS dan Android, dimana aplikasi ini membantu mahasiswa melacak semua acara yang berhubungan dengan karir masa depan setelah tamat kuliah. Mounza memberi kenyamanan bagi mahasiswa menemukan semua acara perekrutan karyawan di kampus. Tujuan utama startup ini ingin membuat proses melamar pekerjaan yang selama ini terasa cukup menakutkan menjadi suatu yang mudah bagi semua mahasiswa di perguruan tinggi.

Mounza menjalin kemitraan dengan jaringan bursa kerja kampus, fakultas, organisasi karir, dan klub akademik di setiap perguruan tinggi, kemudian menyatukan daftar acara ke dalam satu aplikasi yang mudah diakses oleh semua mahasiswa. Setelah men-dowload aplikasi ke ponsel Apple iPhone atau Samsung Galaxy, mahasiswa dapat memilih jenis acara yang mereka suka dan terus menerus menerima peringatan ketika suatu acara yang cocok sudah dijadwalkan untuk masa yang akan datang. Sayangnya, layanan Mounza masih terbatas di kampus-kampus perguruan tinggi di Silicon Valley. Untuk sementara hanya merangkum acara-acara karir di kampus Stanford dan University of California Berkeley.

Ide bisnis Mounza hampir mirip dengan cara kerja LinkedIn, dimana pada awal bulan September lalu jaringan sosial profesional ini meluncurkan layanan untuk membuat halaman situs khusus mahasiswa di perguruan tinggi supaya mudah direkrut oleh perusahaan-perusahaan. LinkedIn memberikan kemudahan bagi mahasiswa mencatumkan profil dan resume, melacak lowongan pekerjaan, menjalin kerjasama dengan para alumni dan kalangan pengusaha.

Dalam segi pendapatan untuk kelangsungan usaha startup ini, perusahaan Mounza menerapkan model bisnis dengan menarik iuran $100 per bulan kepada semua perusahaan yang ingin melakukan acara perekrutan di kampus. Mounza berupaya mempromosikan acara perusahaan lewat aplikasi supaya menarik minat mahasiswa melamar pekerjaan di perusahaan tsb.

Mounza-iOS-app-screenshots

(Images: top right, Mounza logo; bottom, Mounza iOS app via Apple App Store/iTunes)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s