Advertisements

Kota-kota metro di Amerika yang terbanyak menerima modal ventura pada Q3 ‘13 termasuk SF, NYC, LA, Boston, Seattle

Jangan heran harga properti di kota-kota di kawasan industri high-tech Silicon Valley, California, pantai barat Amerika, belum tergoyahkan dengan perubahan iklim bisnis akibat resesi ekonomi yang berkepanjangan di negara adikuasa ini. Pada kuartal ketiga tahun 2013 (Q3 ’13), kawasan yang dikenal sebagai San Francisco Bay Area kembali menempati urutan tertinggi dalam hal pangsa pembiayaan modal ventura.

Juga, jangan heran kalau semakin banyak perusahaan startup berlomba-lomba bergerak menuju ke kota San Francisco. Selain kota yang sangat indah, kota pantai dengan jembatan Golden Gate memiliki daya tarik tersendiri bagi insinyur lulusan dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu kunci keberhasilan kawasan Silicon Valley terletak pada pola evaluasi yang dilakukan oleh para pemodal ventura terhadap pengukuran nilai perusahaan startup yang berbasis di kawasan ini, dimana perusahaan yang menerima modal ventura diberi nilai rata-rata sekitar $22,6 juta dollar pada Q3 ’13.

VC-Deals-by-Metro-Area-PitchBook

Menurut sebuah laporan yang baru dipublikasikan oleh PitchBook hari ini, perusahaan-perusahaan yang berbasis di kota San Francisco dan kawasan Silicon Valley berhasil mengumpulkan $3,1 miliar dollar. Jadi dalam bentuk dollar, kawasan ini mengambil 43 persen dari total dana yang tersedia sebanyak $7,32 miliar dollar pada Q3 ‘13. Perusahaan yang bermarkas di San Francisco metro dan sekitarnya berhasil memikat hati para investor dengan pembiayaan yang mencakup 275 putaran pendanaan, atau 32 persen (sepertiga) dari total pendanaan yang jumlahnya 854 putaran yang terjadi di seluruh Amerika.

Selanjutnya kota-kota metro yang bersaing dengan San Francisco termasuk kota New York City yang menempati posisi nomor dua, dimana kota terbesar di Amerika ini mengambil pangsa 11,1 persen dari seluruh transaksi modal ventura pada Q3 ’13. Setelah itu, kota Los Angeles berada di posisi nomor tiga dengan mengambil pangsa 5,5 persen, kota Boston berada di posisi nomor empat dan meraih 4,8 persen, dan kota Seattle berada di posisi nomor lima dengan 3,6 persen, dari seluruh transaksi modal ventura untuk perusahaan startup di Amerika.

(Image: middle, VC Deals by Metro Area, provided by PitchBook, October 2013)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] persaingan yang sangat ketat di dunia teknologi di kawasan industri Silicon Valley, banyak perusahaan high-tech melakukan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s