Advertisements

Dachis Group: perangkat lunak untuk melacak, analisis dampak sosial, dan mengoptimalkan pemasaran sosial agar mencapai keuntungan maksimal

Kekuatan pemasaran massal semakin merosot ketika menghadapi kemajuan teknologi hari ini. Banyak perusahaan besar yang dulunya berfokus pada produksi, distribusi dan promosi yang menargetkan orang banyak (misalnya melalui iklan di televisi), sekarang semakin terhimpit, yang mana akhirnya terdorong untuk membutuhkan pendekatan kearah analisis data, lebih melibatkan pemasaran melalui sokongan dan interaksi dengan pendukung merek.

Perubahan paradigma di dunia pemasaran menyebabkan pemasar lebih tergantung dengan data untuk mengoptimalkan pemasaran sosial supaya mencapai laba atas investasi (ROI) semaksimal mungkin. Maka kehadiran perusahaan startup Dachis Group akan mencoba menjawab tantangan yang dihadapi pemasar di era jaringan sosial. Dachis Group menyediakan platform analisis pemasaran yang paling canggih dengan menggabungkan beberapa disiplin, termasuk pemasaran sosial, analisis data sosial, dan teknik mendulang data ukuran besar. Perangkat lunak yang dapat digunakan oleh pemasar untuk melacak dampak sosial terhadap merek. Pendukung merek secara keseluruhan mencakup aktivitas di media sosial, keikutsertaan karyawan perusahaan di jaringan sosial (seperti memakai Google Plus, Twitter, LinkedIn, dll.), kampanye online, dan kinerja merek.

Dachis-Group-software

Dachis Group didirikan pada tahun 2008 oleh Jeff Dachis di kota Austin, di negara bagian Texas. Sebelumnya Jeff Dachis mendirikan perusahaan iklan terkemuka Razorfish di kota New York pada tahun 1995. Bersama perusahaan induk aQuantive, Razorfish kemudian diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 2007. Ternyata baru mengendalikan Razorfish selama dua tahun, akhirnya raksasa perangkat lunak yang berbasis di kota Redmond (Seattle) tidak bisa bertahan dan menjualnya ke Publicis Groupe yang berbasis di kota Paris pada tahun 2009. Dachis Group memiliki beberapa kantor cabang di Amerika dan di manca negara, termasuk di Lincoln (Nebraka), New York City, Portland (Oregon), St Louis, (Missouri), London, dan Kiev (Ukraina).

Dalam waktu 12 bulan terakhir ini, Dachis Group sudah berhasil merangkul lebih dari 100 perusahaan besar dengan menjual lisensi perangkat lunak, termasuk AT&T (operator seluler terbesar di Amerika), Acer (komputer pribadi), Bank of America, Bloomberg (media), Estee Lauder (kecantikan), Juniper (peralatan jaringan), Nokia (pabrik perangkat telepon genggam), New York Life (penyedia asuransi nyawa), dan Starwood (perhotelan).

Minggu ini Dachis Group mengumumkan bahwa startup ini sudah menerima pendanaan tambahan untuk putaran ketiga (Seri C) sejumlah $7,5 juta dollar. Pendanaan ini dipimpin oleh Austin Ventures yang sebelumnya juga sudah menanam modal sejumlah $30 juta dollar pada tahun 2011. Dana baru akan dipakai untuk pengembangan platform, memperluas pemasaran secara global, dan merekrut pekerja trampil dan berbakat.

(Image: top middle, Dachis Group software screenshot; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s