Advertisements

Know My App: mengetahui berapa banyak data yang terpakai ketika menyalakan aplikasi ponsel pintar (smartphone)

Pemilik ponsel pintar (smartphone) seringkali tidak sengaja menyalakan beberapa aplikasi bersamaan yang mana akhirnya melampaui batas penggunaan data plan yang sudah disediakan setiap bulan oleh operator seluler (seperti, AT&T, Verizon, Sprint, dan T-Mobile). Supaya tidak dikenakan denda setiap bulan, pemilik ponsel berusaha untuk mengurangi penggunaan aplikasi yang rakus data. Sayangnya, selama ini belum ada layanan yang memberikan kemudahan untuk mengetahui penggunaan data untuk setiap aplikasi.

Minggu ini sudah hadir sebuah database yang dibangun oleh Asosiasi Wireless Internasional (CTIA). Database baru ini dinamakan “Know My App” yang memberikan informasi lengkap tentang jumlah data yang terpakai untuk aplikasi terkemuka, yang dijalankan dengan system operasi Apple iOS dan Android. Setidak-tidaknya pemilik telepon segera memahami aplikasi yang cenderung menghabiskan data, sebelum memutuskan untuk meng-install aplikasi ke ponsel mereka.

Know-My-App-homepage

“Know My App” dibangun atas kerjasama dengan perusahaan swasta Intertek. Perusahaan ini memang dikenal sebagai tempat pengujian aplikasi. Penggunaan data untuk setiap aplikasi dihitung secara kasaran, dengan mempertimbangkan kebiasaan pemilik yang suka menggunakan aplikasi dalam waktu 24-jam.

Contoh cara kerja database terbaru ini, pemilik telepon yang memakai aplikasi Instagram dalam waktu satu hari akan mengambil foto dan video tiga kali, meng-upload foto dan video ke server, kemudian melihat foto dan video orang lain, atau menambah komentar untuk foto dan video teman.Karena sering membuka aplikasi Instagram maka pemilik ponsel diperkirakan akan memakai lebih dari 2 GB data untuk satu bulan.

Untuk sementara “Know My App” hanya menyediakan informasi tentang penggunaan data untuk beberapa aplikasi yang sering di pakai oleh khalayak umum. Sejak “Know My App” diluncurkan menjelang akhir tahun 2013 ini, belum sampai 100 aplikasi yang sudah diuji. Semua aplikasi yang diuji sudah dipajang di toko Apple Store dan Google Play, baik aplikasi gratis maupun yang harus bayar.

Walaupun sudah tersedia database canggih dari CTIA yang dapat memberikan gambaran jumlah data yang terpakai oleh setiap aplikasi per bulan, untuk menghindari denda penggunaan data yang berlebihan, jalan keluar terbaik adalah menyalakan aplikasi dengan menggunakan akses Wi-Fi di rumah atau di kantor. Demikian pula ketika sedang berpergian keluar kota, akses Wi-Fi sudah tersedia secara luas di bandara, hotel, ataupun di restoran. Cara lain untuk menghemat data setiap hari adalah mematikan aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan lagi, terutama aplikasi untuk bermain video games.

Know-My-App-Ratings

(Images: middle, “Know My App” homepage; bottom, “Know My App” Ratings)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s