Advertisements

Porch: membantu pemilik rumah merencanakan perbaikan dan perawatan rumah, dengan menampilkan data biaya proyek, gambar denah, arsitek, daftar pemborong

Porch-LogoWalaupun dengan kemajuan teknologi hari, masih banyak pemilik rumah di Amerika yang mengalami kesulitan mencari tukang dan pemborong ketika merencanakan perbaikan dan perawatan rumah. Hal ini juga dialami oleh Matt Ehrlichman yang ingin mencari informasi, membandingkan biaya proyek, dan menemukan kontraktor yang dapat dipercaya ketika dia dan istrinya ingin membangun sebuah rumah di dekat kota Seattle.

Melihat potensi pasar untuk menyediakan layanan informasi bagi pemilik rumah secara lokal, maka Matt Ehrlichman memutuskan untuk mendirikan perusahaan startup Porch.com. Kata “porch” artinya teras atau serambi, ini memberi kesan suatu kata yang berhubungan dengan urusan rumah. Pendiri lulusan Stanford ini berprinsip bahwa untuk mengurus, membangun, dan meningkatkan kualitas rumah, seharusnya lebih mudah dengan mengandalkan data yang dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk informasi gambar denah, biaya proyek, dan daftar pemborong. Dengan mengandalkan data, maka akan membantu pemilik rumah membuat keputusan lebih mudah dan menemukan yang terbaik ketika merencanakan anggaran, demikian pula ketika memutuskan pemborong yang sesuai dengan keinginan mereka.

Porch-Home-screenDalam sebuah intro blog post, Matt Ehrlichman menulis bahwa potensi pasar layanan ini sangat besar karena ada 120 juta rumah di Amerika yang saat ini atau sebentar lagi akan melakukan perbaikan rumah. Kemudian pendiri Porch.com menambahkan bahwa pemilik rumah menghabiskan sekitar $500 miliar dollar setiap tahun untuk berbagai proyek yang berhubungan dengan perbaikan rumah.

Untuk menunjang kekuatan data, Porch menjalin kemitraan secara eksklusif dengan sekitar 1,4 juta orang pemborong, arsitek, ahli dekorasi, teknik sipil, yang mencakup sekitar 250 jenis professional. Situs ini juga menyimpan data sekitar 60 juta proyek perbaikan rumah yang tersebar di seluruh Amerika.

Minggu ini Porch resmi diluncurkan untuk khalayak umum dan mengumumkan bahwa startup ini sudah menerima modal putaran awal sejumlah $6,25 juta dollar. Pendukung modal termasuk investor terkemuka Ron Conway, bekas presiden eBay Jeff Skoll, eksekutif dari Facebook Javier Olivan, dan sekitar 20 orang investor yang bersifat pribadi.

Saingan di sektor ini cukup alot, termasuk beberapa layanan yang agak mirip seperti Houzz (sudah dibahas disini awal tahun ini), Zillow Digs, dan lain sebagainya. Porch memiliki kekuatan tim ahli yang sudah kawakan, termasuk beberapa rekan kerja yang pernah bekerja di perusahaan besar seperti di Microsoft, Expedia, dan Google.

(Images: top right, Porch logo; middle left, Porch homepage screenshot via Matt Ehrlichman’s post)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] mengambil survei pendek dan sekaligus memberi wawasan. Spare5 juga menjalin kemitraan dengan Porch untuk memotret dan memberi tanda rumah-rumah di kota […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s