Windows Chip In: meminta kontribusi dari teman-teman dan anggota keluarga, untuk patungan membeli perangkat komputer

Windows-Chip-InSalah satu peralatan modern yang merupakan keharusan bagi anak sekolah lulusan SMA dan sebentar lagi akan masuk bangku kuliah adalah perangkat komputer pribadi (PC) dalam bentuk laptop atau desktop. Mayoritas mahasiswa akan memilih laptop supaya mudah dibawa ke ruang kuliah atau perpustakaan. Walaupun banyak mahasiswa sudah bekerja keras di kedai kopi atau restoran dan menabung selama musim panas, tapi uang dari penghasilan kerja jangka pendek biasanya tidak cukup untuk dibelikan sebuah komputer.

Sedangkan proses untuk merayu orang tua, oma, opa, kerabat, dan teman-teman untuk menyumbang dan membelikan komputer seringkali terasa tidak nyaman. Sudah pasti untuk urusan meminta uang merupakan suatu proses sulit. Untuk itu, Microsoft mencari jalan keluar yang lebih mudah dengan menghilangkan kebutuhan tatap muka dengan penyumbang. Apalagi setelah melihat penjualan sistem operasi Windows 8 yang agak suram sejak diluncurkan akhir bulan Oktober 2012, maka perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia meluncurkan sebuah program yang dinamakan Windows Chip In. Program ini memungkinkan mahasiswa membeli komputer secara patungan.

Windows-Chip-In-SelectCara kerjanya sangat sederhana, hanya mahasiswa yang memiliki akun email yang berakhir dengan .edu diperbolehkan mengikuti program ini. Seandainya masih belum memiliki akun email dari universitas, calon mahasiswa boleh menunjukkan surat bukti penerimaan mahasiswa untuk tahun ajaran baru. Mahasiswa kemudian datang ke situs Chip In dan memilih salah satu laptop yang sudah di beri diskon 10 persen. Harga laptop yang tersedia di situs ini berkisar antara $400 s/d $1.200 dollar. Setelah memilih komputer yang disukai, mahasiswa akan dibawa ke halaman yang berisi link, dimana link ini boleh di kirim ke donatur (teman-teman dan anggota keluarga) yang diperkirakan akan menyumbang. Setelah komputer didanai sepenuhnya, maka Microsoft akan segera mengirimkannya ke depan pintu rumah mahasiswa. Sebagai hadiah ekstra bagi 10.000 mahasiswa pertama yang sudah membayar penuh komputer mereka, maka mereka akan diberi cuma-cuma perangkat lunak Office 365 (Word, Excel, PowerPoint) berbasis di cloud. Promosi ini berlaku mulai hari ini sampai tanggal 1 September 2013.

(Images: top right, Windows Chip In homepage screenshot; bottom left; Windows Chip In website showing a group of discounted laptops for college students)

Trackbacks

  1. […] perangkat komputer menjelang tahun ajaran baru di universitas. Awal bulan Juni 2013, Microsoft meluncurkan program “Windows Chip In” untuk membantu siswa yang meminta kontribusi dari teman-teman dan […]

  2. […] berbagai strategi untuk meraup pasar komputer tablet, seperti memakai cara promosi untuk membayar secara patungan di kalangan mahasiswa dan memberi diskon besar, akan tetapi tablet komputer Surface yang dijalankan […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s