Advertisements

Berakhirnya era komputer pribadi (PC): pengiriman tablet akan melampaui pengiriman laptop untuk pertama kalinya

Microsoft-Store-Acer-Aspire-S7-laptop-discountSejak awal tahun ini toko komputer pribadi (PC) semakin gencar memberikan diskon besar-besaran yang mencapai lebih dari 30 persen dari harga asli kepada pembeli laptop dan desktop. Contohnya, selama liburan Hari Pahlawan (Memorial Day) minggu ini, toko komputer milik raja perangkat lunak Microsoft Store yang terletak di komplek mal Westfield di daerah Century City (dekat Beverly Hills) memberikan diskon $300 untuk pembeli komputer laptop (ultrabook) Acer Aspire S7. Padahal harga asli laptop ini mencapai $1,299, setelah di potong harga selama promosi menjadi $999 (diskon hampir 25 persen). Jaman dulu sebelum Apple memperkenalkan iPad tablet pada bulan Januari 2010 lalu, hampir semua toko komputer hanya memberi diskon maksimum 10 persen dari harga asli. Jaman sekarang, pembeli komputer lebih beruntung karena sudah jarang sekali orang membeli PC. Sebagian besar pembeli menunda pembelian PC, yang mana untuk melakukan aktivitas kantor sehari-hari, pada umumnya sudah dapat digantikan dengan perangkat ponsel pintar.

Berdasarkan data yang dikumpulkan pada kuartal pertama tahun 2013 (Januari-Maret), perusahaan riset teknologi terkemuka International Data Corporation (IDC) baru saja mempublikasikan sebuah laporan mengenai perkembangan penjualan PC dan tablet di seluruh dunia. IDC mengatakan penjualan tablet diproyeksikan mencapai 229,3 juta unit pada akhir tahun 2013, dibandingkan hanya 144,5 juta unit pada tahun 2012, atau terjadi pertumbuhan sebesar 58,7 persen. Sedangkan penjualan komputer portable (laptop) hanya mencapai 187,4 juta unit sampai akhir tahun 2013, dibandingkan 200,9 juta unit pada tahun 2012, atau terjadi penurunan sebesar 6,7 persen.

Menurut IDC, ada dua tren paling signifikan yang sedang terjadi di dunia tablet. Pertama, penjualan tablet akan didominasi oleh perangkat yang harganya lebih terjangkau, yang dijalankan oleh sistem operasi Google Android. Pembuat komputer tablet yang meraup pasar yang luas termasuk Samsung dan Amazon. Tren kedua terjadi pergeseran pasar menuju layar kecil. Pembeli cenderung memilih layar ukuran 7-inci dibandingkan 10-inci. Padahal sebelumnya banyak pengamat yang memperkirakan pembeli lebih suka layar sebesar generasi pertama Apple iPad. Malah mendiang Steve Jobs pernah bersikeras untuk tidak mengeluarkan iPad ukuran kecil, ternyata desakan pasar menyebabkan CEO Tim Cook memutuskan untuk membuat iPad Mini yang diluncurkan pada bulan Oktober 2012.

Worldwide-Tablet-PC-Forecast-2013-IDCBerakhirnya era komputer pribadi ditandai dengan semakin merosotnya penjualan komputer jenis laptop dan desktop. IDC memperkirakan pengiriman PC tradisional secara keseluruhan akan turun sebesar 7,8 persen dan mencapai 322 juta unit pada tahun 2013. Sedangkan untuk masa empat tahun kedepan, IDC memproyeksikan penjualan PC hanya mencapai 333 juta unit pada tahun 2017, dibandingkan dengan penjualan 349 juta unit pada tahun 2012, dan penjualan mencapai puncaknya dengan 363 juta unit pada tahun 2011.

(Images: top right, Microsoft Store, Acer Aspire S7; bottom left, chart by IDC, Worldwide Tablet and PC Forecast)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] lebih mudah dengan menghilangkan kebutuhan tatap muka dengan penyumbang. Apalagi setelah melihat penjualan sistem operasi Windows 8 yang agak suram sejak diluncurkan akhir bulan Oktober 2012, maka perusahaan […]

  2. […] bulan Mei 2013 perusahaan riset teknologi terkemuka International Data Corporation (IDC) mengatakan bahwa penjualan komputer tablet di seluruh dunia diperkirakan akan mencapai 229,3 juta unit sampai […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s