Segment: hub yang menampung data pelanggan, menerjemahkan dan membaginya ke berbagai pihak untuk mengembangkan usaha

Perusahaan menghabiskan banyak waktu dan tenaga mengumpulkan data, kemudian mencoba untuk mengintegrasikan berbagai sumber data supaya dapat dipakai untuk analisis pemasaran dan pengembangan produk. Sumber data mencakup lalulintas situs web dari Google Analytics, penjualan toko online, pengiriman email pemasaran, aktivitas hubungan pelanggan, dan lain sebagainya.

Segment-dataSegment menyediakan hub sebagai tempat menampung data pelanggan. Startup ini mengumpulkan data klien, kemudian menerjemahkannya supaya tersedia dalam format yang umum dan dapat dipakai oleh banyak pihak. Setelah itu membagi data ke pengguna, seperti para analis, supaya mereka lebih mudah mengetahui perkembangan pemasaran dan penjualan, sekaligus membuat laporan tentang kemajuan usaha. Penggunaan data klien akan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

Ada lebih dari 4.000 perusahaan sudah menjadi pelanggan dan menggunakan Segment sebagai hub data pelanggan mereka. Daftar klien termasuk Bonobos, LiveNation, Rdio, dan lainnya. Segment menjalin kemitraan dengan 117 sumber data, seperti Google Analytics, AdRoll, Facebook, Twitter, sehingga mudah melakukan integrasi dengan data dari seluruh pelanggan.

Segment didirikan pada tahun 2012 dan berbasis di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $15 juta dollar yang diberikan oleh Accel, Kleiner Perkins dan e.ventures. Bersama dengan pendanaan benih, maka total pendanaan sudah mencapai sekitar $18 juta dollar.

(Image: middle left, Segment tour)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s