Advertisements

Google Contributor: mendorong pengunjung situs menyumbang uang tunai supaya penerbit dan penulis menghilangkan iklan

Google-ContributorSupaya usaha online terus berkembang dan sekaligus dapat mengumpulkan pemasukan untuk membayar karyawan, hampir semua situs di Internet didanai oleh iklan. Google berpikir bahwa ada cara yang lebih berkenan bagi penerbit dan penulis menghilangkan iklan di situs mereka. Untuk itu raksasa mesin pencari ini meluncurkan sebuah gagasan yang diberi nama Google Contributor.

Mekanisme baru ini memungkinkan pengunjung situs menyumbang uang tunai atau secara tidak langsung membayar iuran berlangganan. Cara kerjanya, pengunjung membayar uang melalui Google Contributor dan kemudian disalurkan kepada situs-situs yang bersangkutan. Jumlahnya tidak terlalu besar, misalnya $1 sampai $3 dollar per bulan per pengunjung situs.

Apabila anda bersedia menyumbang ke sebuah situs web, maka ketika anda mengunjungi situs tsb. akan menampilkan ucapan terima kasih. Sedangkan bagian situs yang biasanya dipasangi iklan akan berubah menjadi pola pixel tanpa gambar dan hanya muncul pesan terima kasih.

Google-Contributor-example-useGoogle sedang melakukan uji-coba dan menjalin kemitraan bersama penerbit terkemuka, termasuk The Onion, ScienceDaily, UrbanDictionary, WikiHow, imgur, dan Mashable. Bagi penerbit yang berminat, harus mendaftarkan diri di situs Google Contributor dan kemudian menjadi pendaftar tunggu. Selanjutnya, apabila ada ekstra ruang, maka Google berjanji segera mengirim undangan lewat email.

Gagasan Google ini sebenarnya bertolak belakang dengan bisnis model mereka yang sejak awal tahun 2000-an sudah menjual iklan pay-per-click, iklan video, dan iklan banner. Bisa jadi, Google Contributor akan dijadikan sebagai barang bukti bahwa pengunjung masih cenderung mengunjungi situs gratis yang dipenuhi iklan, daripada harus menyumbang uang tunai kepada situs-situs terkemuka.

(Images: top right, Google Contributor homepage; middle left, a sample site using Google Contributor)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s