Advertisements

General Electric segera memasarkan bola lampu LED seharga $15 yang terhubung Internet dan dikendalikan aplikasi Wink

Janganlah kaget kalau belakangan ini bermunculan istilah-istilah baru di dunia teknologi, seperti “Internet of Everything,” “Internet of Things,” “iHome,” “Smart Home,” “Connected Home,” dan lain sebagainya. Pemakaian istilah baru ini berhubungkan dengan semakin banyaknya perusahaan startup maupun perusahaan besar yang ikut berlomba memicu inovasi teknologi perangkat yang di pakai sehari-hari di lingkungan rumah dan kantor.

Aplikasi seluler untuk memudahkan pemilik rumah duduk di sofa sambil mengatur peralatan bukanlah sesuatu yang baru. Hanya karena produk-produk canggih ini baru mulai dijual di pasar, maka harganya masih belum terjangkau oleh khalayak ramai. Pengaturan peralatan rumah dan kantor termasuk untuk menghidupkan dan mematikan peralatan rumah (kulkas, alat sedot debu, alat membuat kopi), peralatan untuk eksterior rumah (alat untuk menyiram halaman secara otomatis, kunci pagar otomatis, kamera keamanan), peralatan interior rumah (bola lampu, alat detektor kebakaran), yang mana semuanya di kontrol dengan aplikasi perangkat seluler untuk ponsel pintar dan tablet.

GE-BulbMenjelang akhir minggu ini, perusahaan pencipta bola lampu yang ditemukan oleh Thomas Edison lebih dari seratus tahun yang lalu, General Electric atau GE, mengumumkan segera tersedianya bola lampu LED terhubung Internet yang dikendalikan oleh aplikasi Wink. Bola lampu untuk keperluan rumah tangga termasuk terjangkau harganya, hanya $15 untuk yang 60 watt. Sedangkan bola lampu sorot lebih mahal sedikit. Keputusan GE dengan titik harga sekitar $15, akan mendorong adopsi perangkat yang terhubung Internet.

Bola lampu GE yang dinamakan “Link Bulb” sudah memasuki masa produksi. Peminat dapat melakukan pre-order mulai hari Senin, 30 Juni, dimana GE akan mengirimkannya pada musim gugur (sekitar bulan Oktober). GE juga menjalin kemitraan dengan perusahaan peralatan dan bahan bangunan Home Depot, sehingga konsumen bisa membeli di toko lokal.

(Image: middle left, GE Link Bulb)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s