Advertisements

ReelSurfer: memangkas video cerita bertele-tele menjadi cuplikan 3 sampai 30 detik supaya menyajikan adegan terbaik

reelsurfer-logoDengan semakin banyaknya layanan video online seperti YouTube dan Vimeo, maka konsumsi video juga semakin melejit. Tetapi pemirsa masih menghadapi berbagai tantangan untuk menyeleksi dan menonton adegan terbaik dan terpenting. Video yang dibuat terlalu panjang dengan cerita yang bertele-tele membuat penonton tidak sempat menonton secara keseluruhan. Untuk dapat menikmati suatu video dengan keterbatasan waktu, maka diperlukan solusi yang dapat memangkas video panjang menjadi cuplikan pendek.

Kehadiran ReelSurfer menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk memotong video menjadi klip pendek dengan menonjolkan adegan terbaik dan terpenting. Cuplikan ini biasanya berkisar antara 3 sampai 30 detik lamanya. Minggu ini ReelSurfer juga memperbarui halaman muka situs web untuk memungkinkan pengguna membuat cuplikan dan juga memperbolehkan pengguna mencari cuplikan dari pengguna lainnya. Pengguna boleh berbagi cuplikan mereka dengan pemirsa lain dan teman-teman sambil mengirimkan pesan.

Cara kerjanya cukup mudah, pertama pengguna mengunjungi situs ReelSurfer untuk mencari video online dengan mengetik kata kunci atau alamat situs, misalnya video Lakers dari jaringan olahraga ESPN. Setelah menemukan video yang cocok selera, pengguna dapat membuat cuplikan sendiri dengan mengklik “Create Highlight” (“membuat cuplikan”). Kemudian pengguna di bawa ke halaman “Create your clip” (membuat klip video sendiri). Di halaman ini disediakan beberapa tombol. Tombol hijau dengan teks “Set Start” (“memulai”) dan tombol merah “Set Stop” (“berhenti”). Pengguna memutuskan kategori dari video yang baru dibikin dan kemudian disimpan. ReelSurfer menyediakan alamat situs (URL) dimana letak lokasi video yang baru disimpan, supaya URL ini dapat dibagikan ke teman-teman.

ReelSurfer didirikan sejak tahun 2008 di kota Menlo Park, dekat dengan kantor pusat jaringan sosial Facebook di kawasan Silicon Valley. Layanan startup ini baru mulai populer di kalangan konsumen setelah lolos penyeleksian dari kelompok Y Combinator awal tahun 2012. Kemudian menjelang musim gugur 2012, startup ini menerima pendanaan awal sebanyak $880 ribu dari investor yang belum diumumkan secara resmi. Sejak itu layanan ini mulai digunakan oleh perusahaan-perusahaan media, seperti PopSugar yang menyediakan berita dan gosip tentang selebriti dan TedXTeen yang membiarkan remaja berbagi cerita pendek. Jaringan berita terkemuka didunia Reuters juga memakai jasa perusahaan startup ini untuk membagi-bagikan klip video yang paling popular setiap hari.

Dengan semakin bagusnya jaringan akses broadband, maka konsumsi konten terutama dalam bentuk video online semakin meroket. Perusahaan berita dan penerbit semakin gencar menyebarluaskan pengaruh mereka dengan cara memancing pemirsa melalui cuplikan video pendek. Bisnis model dengan mengandalkan teknologi ReelSurfer akan terus berkembang untuk tahun-tahun yang akan datang. Terobosan dalam hal inovasi teknologi cuplikan video pendek akan memainkan peran penting bagi perusahaan media dan berita untuk meraup pasar lebih luas, terutama membawa pemirsa supaya terus berulang-ulang mengunjungi situs web mereka.

reel-surfer-create-your-clip-Lakers-screenshot

(Images: top right, ReelSurfer logo; bottom, ReelSurfer “Create your clip” screenshot showing Lakers game)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s