ConnectHome: Amerika meluncurkan program menghubungkan warga berpendapatan rendah dengan Internet kecepatan tinggi

Kemajuan inovasi teknologi di negara adikuasa masih belum sempat dinikmati oleh semua warga. Untuk menjembatani kesenjangan digital, maka administrasi dibawah pemerintahan Presiden Obama meluncurkan program baru yang dinamakan ConnectHome. Pemerintah mengungkapkan bahwa hanya separuh rumah tangga berpendapatan rendah yang memiliki akses berlangganan Internet di rumah.

Setelah sukses meluncurkan program ConnectED yang menghubungkan sekolah-sekolah SD sampai SMA di seluruh Amerika ke jaringan Internet pada tahun 2013, maka pemerintahan Obama ingin menghubungkan warga berpendapatan rendah dengan Internet kecepatan tinggi. Idenya mirip dengan ConnectED, maka ConnectHome memberikan kesempatan kepada warga berpendapatan rendah untuk mencicipi akses Internet kecepatan tinggi secara gratis (misalnya, Google Fiber), atau membayar iuran berlangganan bulanan yang sangat murah (misalnya, Cox Communications, CenturyLink).

Pemerintah berkeyakinan bahwa rumah tangga yang belum memiliki akses Internet broadband akan merugikan anak-anak yang masih di bangku sekolah. Anak-anak tidak dapat bersaing dengan keluarga yang mampu, terutama ketika anak-anak membuat pekerjaan rumah untuk penelitian, mengarang, menonton video riset, dan melakukan percakapan antara guru dan murid secara online. Keterbatasan akses Internet menyebabkan anak-anak tidak dapat bersaing secara sehat dan menciptakan jurang prestasi di sekolah.

ConnectHome

ConnectHome akan diselenggarakan dengan menjalin kemitraan antara penyedia akses Internet (ISP), yayasan nirlaba, dan perusahaan swasta. Selain meningkatkan kecepatan akses Internet, program ini juga menawarkan latihan berkarya di dunia teknologi dan mensubsidi biaya pembelian perangkat penghubung (misalnya, kotak router) dan perangkat mobile (misalnya, tablet).

ConnectHome akan segera diluncurkan di 27 kota, termasuk Atlanta, GA; Baltimore, MD; Boston, MA; Cleveland, OH; Denver, CO; Fresno, CA; Kansas City, MO; Little Rock, AR; Los Angeles, CA; Memphis, TN; Nashville, TN; New Orleans, LA; New York, NY; Newark, NJ; Philadelphia, PA; San Antonio, TX; Seattle, WA; Tampa, FL; dan Washington, DC. Diperkirakan ada sekitar 275 ribu rumah tangga berpendapatan rendah dengan sekitar 200 ribu anak-anak akan segera menerima akses Internet di rumah masing-masing.

Sebagai contoh, pelaksanaan ConnectHome di kota Seattle didukung sepenuhnya oleh walikota dan dewan kota. Pemerintah lokal mengharuskan semua proyek yang dibiayai oleh Departemen Perumahan sudah memasang peralatan mendukung Internet kecepatan tinggi.

Kota Seattle juga menjalin kemitraan dengan penyelenggara ISP terkemuka CenturyLink untuk memasang tarif berlangganan akses Internet yang murah. Harga ekonomi dimulai sekitar $10 per bulan. Sedangkan rumah tangga yang mempunyai anak SD sampai SMA dan tinggal di perumahan rakyat, akan menerima akses Internet nirkabel gratis melalui operator seluler Sprint.

(Image: middle center, ConnectHome homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s