Advertisements

Instagram Direct mengirim foto and video untuk satu orang, atau berbagi dengan sekelompok kecil pengikut dan anggota

Banyak pengguna perangkat seluler (ponsel dan tablet) menjadi kecanduan mengirim dan berbagi foto dan video tentang momen-momen penting, dengan menggunakan aplikasi seperti Instagram, Snapchat, Facebook Kamera, Mixbit, dan aplikasi lainnya. Untuk menjaga privasi dan menghindari kesalahpahaman, kadangkala kita tidak ingin berbagi foto dan video dengan semua pengikut dan anggota kelompok. Bagaimana caranya jika kita hanya ingin mengirim dan berbagi foto dan video untuk satu orang atau sekelompok kecil saja?

Anak perusahaan jaringan sosial terbesar di dunia Facebook meluncurkan Instagram Direct hari Kamis ini di sebuah hotel mewah di kota New York City. Aplikasi untuk Apple iOS dan Google Android versi 5.0 memungkinkan pengguna mengirim pesan langsung kepada orang-orang yang mengikuti (followers), orang-orang tertentu, atau hanya untuk satu orang, atau untuk sekelompok kecil pengikut dan anggota keluarga. Mulai hari ini, 150 juta pengguna Instagram boleh men-download aplikasi versi terbaru di toko Apple App Store atau Google Play. Sedangkan versi untuk Windows Phone masih dalam proses uji-coba beta.

Instagram-Direct-screenshot--

Cara menggunakan fitur terbaru dari Instagram Direct dengan menyentuh ikon baru di sudut kanan atas layar depan. Setelah ikon di tekan maka akan membuka inbox untuk melihat foto-foto dan video dari semua orang yang kita ikuti. Sedangkan untuk mengirim foto atau berbagi video ke sekelompok kecil orang dengan menekan tombol kamera untuk memasukkan foto atau video. Setelah itu di bagian atas layar tertulis “Share to” (“Berbagi’) dengan dua opsi, “Followers” (“pengikut”) dan “Direct” (“orang-orang tertentu”). Untuk opsi Direct, pengguna cukup menyentuh nama-nama orang yang didaftar yang ingin dikirimi foto atau video, kemudian menulis pesan dan keterangan, seterusnya tekan tombol “kirim.”

Keunggulan Instagram Direct dimana pengguna dapat mengirim pesan untuk 15 orang sekaligus. Hal ini membantu pengguna untuk menyeleksi sebagian teman-teman yang berminat, dan menghindari kesan seolah-olah melakukan spam ke semua teman. Batasan ini juga akan membuat percakapan antar teman lebih terarah dan membuat lelucon antara teman-teman yang paling relevan.

Keunggulan fitur baru yang diciptakan untuk versi 5.0 dimana pengguna dapat mengirim foto and video kepada semua orang, tetapi pesan yang dikirim untuk sementara masuk ke dalam inbox si penerima. Hal ini untuk melindungi penerima dari gambar-gambar yang tidak pantas, sambil menunggu persetujuan pengguna yang dikirimi pesan.

Persaingan ketat untuk menyediakan aplikasi mengambil foto dan video yang terbaik di dunia telah membuat perusahaan raksasa seperti Facebook dan perusahaan startup seperti Snapchat untuk terus memicu inovasi teknologi supaya para pengguna tetap setia memakai aplikasi mereka. Instagram Direct telah membuat suatu terobosan baru dengan meluncurkan fitur baru untuk berbagi foto dan video tentang momen-momen penting dengan kalangan tertentu sehingga ini bisa dipakai untuk menjaga privasi antar pribadi dan memupuk persahabatan antar kawan-kawan. Sudah pasti tim kerja Instagram segera kembali ke ruang pengembangan untuk memikirkan dan menciptakan fitur-fitur baru supaya mampu bersaing dengan startup Snapchat yang menyediakan fitur untuk menghilangkan gambar, yang mana aplikasi ini sangat populer di kalangan anak-anak remaja di Amerika dan di dunia.

(Images: middle, Instagram Direct screenshots; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s