Advertisements

Mocana: mengamankan perangkat televisi, termostat, lemari es, detektor asap, yang setiap hari terhubung ke Internet

Semakin banyak rumah modern dipasangi dengan perangkat teknologi Wi-Fi yang setiap hari terhubung ke jaringan Internet, seperti kunci rumah, televisi, termostat, lemari es, microwave, mesin cuci, detektor asap, dan lain sebagainya. Demikian pula sudah banyak perangkat medis elektronik yang ditanamkan di dalam tubuh manusia (misalnya, alat pemacu jantung), juga terhubung ke Internet. Akibatnya apa pun yang terhubung ke Internet akan mengalami resiko tinggi, entah perangkat tsb dibajak oleh hackers atau system operasinya dirusak virus.

Mocana merupakan satu-satunya penyedia perangkat lunak keamanan dan sekaligus menjaga keamanan terhadap kombinasi konektivitas dengan berbagai perangkat melalui cloud (awan). Tugasnya untuk melindungi integritas perangkat yang terhubung ke Internet dan membantu melindungi jaringan yang menghubungkan perangkat-perangkat tsb.

Karena pesatnya perkembangan inovasi teknologi nirkabel, seluler, dan Internet, maka Mocana membantu perusahaan untuk menyederhanakan keamanan untuk perangkat modern. Teknologi Mocana seringkali tidak terlihat dari luar karena jutaan perangkat sudah ditanami perangkat lunak keamanan. Lebih dari 300 perusahaan sudah menggunakan jasa Mocana dan tersebar di perangkat elektronik, peralatan medis, dan otomasi pabrik. Mocana menjalin kemitraan dengan merek terkenal di dunia seperti Dell, Panasonic, Cisco, Honeywell, General Electric, General Dynamics, Avaya, Siemens, dan pembuat telepon genggam Android.

Mocana-GE

Lembaga ekonomi dan badan riset terkemuka di dunia mengakui bahwa Mocana sudah memiliki pengalaman lebih dari sepuluh tahun untuk mengamankan perangkat kedokteran untuk kebutuhan medis sampai perangkat sederhana yang dijalankan dengan system operasi iOS dan Android. Baru-baru ini World Economic Forum menyebutnya sebagai “Technology Pioneer” (pelopor teknologi), sedangkan badan riset Gartner mengakuinya sebagai “Cool Vendor” (penjual keren). Pada tahun 2008 sudah memenangkan piala “Technology Innovation of the Year” yang diberikan oleh Frost & Sullivan sebagai perusahaan inovasi keamanan. Pada tahun 2009 dinobatkan oleh Red Herring Global 100 sebagai perusahaan teknologi swasta terbaik.

Mocana didirikan pada tahun 2002 dan berbasis di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan ventura sejumlah $15 juta dollar yang dipimpin oleh GE Ventures dan didukung oleh investor dari putaran pendanaan sebelumnya, termasuk Shasta Ventures, Southern Cross Venture Partners, Symantec dan Trident Capital. Sejak didirikan sudah berhasil mengumpulkan modal kerja lebih dari $50 juta dollar. Dana segar akan dipakai untuk mengembangkan inovasi produk, membuka pasar Internasional, dan meningkatkan kegiatan pemasaran untuk menyediakan solusi bagi aplikasi seluler yang ditanamkan ke produk yang sudah lolos peraturan pemerintah.

(Image: middle, GE Ventures logo and Mocana logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s