Advertisements

Android mendekati 80% pangsa pasar pengiriman smartphone pada Q2 2013 secara global, Windows Phone mulai unjuk gigi

IDC, perusahaan riset terkemuka di dunia, mempublikasikan laporan terbaru tentang pengiriman ponsel pintar (smartphone) berdasarkan sistem operasi. IDC menyediakan laporan dengan membandingkan data dari tahun-ke-tahun secara global, dari kuartal kedua (Q2) 2012 dan 2013. Dalam laporan ini, IDC juga membandingkan dan meneliti jumlah unit pengiriman dari pembuat telepon genggam.

Google-Android

Pengiriman ponsel pintar yang dijalankan dengan sistem operasi Google Android mengalami pertumbuhan sebesar 73,5 persen dari kuartal kedua 2012 ke kuartal kedua 2013. Sistem operasi Android meraih 79,3 persen pangsa pasar smartphone yang dikapalkan pada Q2 2013 secara global. Pengiriman telepon genggam yang dijalankan dengan Android mencapai 187,4 juta unit pada kuartal tersebut.

Yang paling beruntung diantara semua pembuat telepon genggam dengan mengandalkan sistem operasi Android adalah perusahaan Samsung. Perusahaan Korea Selatan ini meluncurkan telepon genggam jenis Galaxy S II, III, IV, dan Note II, dengan penjualan merajalela di seluruh dunia. Pendukung Android lainnya termasuk LG (Korea Selatan), dan beberapa perusahaan dari China seperti Huawei, Lenovo dan ZTE. Semua pembuat telepon genggam Android mengalami pertumbuhan pesat, rata-rata tumbuh di atas 50 persen dari tahun ke tahun.

Sistem operasi ponsel pintar yang berada di posisi nomor dua masih dipegang oleh perusahaan gadget terbesar di dunia Apple. Sistem operasi yang dikenal dengan nama iOS dari perusahaan berbasis di Silicon Valley ini, meraup 13,2 persen pangsa pasar pengiriman smartphone pada Q2 2013, dibandingkan dengan 16,6 persen pangsa pada Q2 2012 (atau turun sekitar 3,4 persen pangsa). Apple berhasil mengirimkan 31,2 juta unit iPhone pada kuartal tersebut, dibandingkan dengan 26,0 juta unit pada kuartal yang sama satu tahun yang lalu.

Sistem operasi ponsel pintar dari perusahaan perangkat lunak terbesar didunia Microsoft yang dikenal dengan nama Windows Phone meraih posisi nomor tiga dengan 3,7 persen pangsa pasar secara global pada Q2 2013, dibandingkan 3,1 persen pangsa satu tahun yang lalu. Pembuat telepon genggam Windows Phone (seperti Nokia, Samsung dan HTC) berhasil mengirimkan 8,7 juta unit pada kuartal tersebut. Secara garis besar, Windows Phone mengalami pertumbuhan pesat dalam waktu satu tahun terakhir ini, dimana pengiriman naik 77,6 persen dari satu tahun sebelumnya.

Pelopor sistem operasi ponsel pintar BlackBerry semakin terpuruk di arena smartphone. Perusahaan berbasis di Kanada mengalami penurunan tajam secara keseluruhan dan hanya meraih 2,9 persen pangsa pasar secara global pada Q2 2013, dibandingkan 4,9 persen pangsa 12-bulan yang lalu. Sedangkan pengiriman telepon genggam BlackBerry Bold, Curve, Torch, Z10, Q10, hanya mencapai 6,8 juta unit pada kuartal tersebut, atau terjadi penurunan pengiriman perangkat sebesar 11,7 persen dari tahun lalu.

Top-Smartphone-OS-Market-Share-2013-Q2

(Images: top, Google Android OS; bottom; Top Smartphone OSs Q2-2013 by IDC)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] inovasi teknologi dan meluncurkan produk baru. Ini ada sangkut pautnya dengan sebuah laporan dari IDC, dimana perusahaan riset ini mempublikasikan data yang menunjukkan bahwa saat ini sedang terjadi […]

  2. […] mengejar ketinggalan pasar yang mana Windows Phone baru meraih posisi nomor tiga pangsa pasar secara global pada Q2 2013, maka menjelang hari Natal tahun 2012 lalu, Microsoft mengajukan sebuah paten baru ke lembaga hak […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s