Advertisements

Yahoo! Watch List: peminat boleh memesan lima akun bekas (username) dengan membayar $1.99 dan masa tunggu 3 tahun

Yahoo-Email-Watch-List-Complete-5-usersPendaftar yang ingin menggunakan layanan email dari perusahaan Yahoo! seringkali kecewa ketika username (nama akun) yang mereka inginkan dan yang mudah diingat, telah diambil orang lain sejak lama, misalnya cantik@yahoo.com. Sedangkan pengguna yang sudah memiliki alamat email seperti cantik@yahoo.com merasa sangat bangga, karena dengan memiliki alamat ini menunjukkan bahwa mereka sangat istimewa di dunia maya, dengan kata lain memiliki akun sejak layanan email Yahoo! diluncurkan pada pertengahan tahun 1990-an.

Mulai hari ini setiap pengguna yang menginginkan username Yahoo! yang sudah diambil orang lain, boleh mendaftarkan sebanyak lima nama melalui situs Yahoo! Watch List. Mohon diingat, Yahoo! memakai prinsip siapa cepat dia dapat. Setelah memasang lima nama yang diinginkan di situs Yahoo!, pengguna akan dikirimi “verification code” lewat email, yang mana kemudian harus dicantumkan di formulir pendaftaran beserta informasi kartu kredit. Dalam waktu beberapa detik kemudian Yahoo! akan memproses pembayaran sejumlah $1.99. Setelah itu, Yahoo! akan mengirimkan sebuah email yang menyatakan pendaftaran sudah selesai dan mencantumkan 5 username pilihan dengan masa tunggu untuk melacak selama 3 tahun.

Yahoo! mengumumkan rencana untuk membuka kesempatan kepada pengguna baru untuk mendapatkan username bekas pada awal musim panas 2013 ini. Alamat email yang sudah lama ditinggal atau tidak pernah diakses selama berbulan-bulan oleh pengguna lama terus disimpan oleh Yahoo!. Setelah mengumpulkan banyak nama-nama cantik, sekarang sudah tiba saatnya untuk dijual kepada khalayak ramai. Banyak yang menentang rencana kontroversi ini karena masalah privasi dan keamanan akun dari pemilik lama. Untung saja tenaga ahli Yahoo! segera mengeluarkan jaminan perlindungan tambahan terhadap akun-akun lama dan mereka percaya tidak akan membahayakan pemilik baru maupun pemilik lama.

Jangan heran melihat pola pikir dan strategi yang diterapkan oleh CEO Marissa Mayer, seorang mantan karyawan pertama perusahaan mesin pencari Google. Pemegang gelar master dari fakultas Computer Science di Universitas Stanford diangkat menjadi CEO pada bulan Juli 2012. Selang satu tahun terakhir ini Marissa Mayer membuat berbagai gebrakan-gebrakan dan kontroversi yang menyebabkan harga saham naik berlipat ganda. CEO baru ini sudah mengakuisisi lebih dari 10 perusahaan startup, termasuk perusahaan penyedia blog Tumblr yang dibeli dengan harga sekitar $1 miliar pada bulan Mei lalu. Malah minggu lalu comScore memakai data lalu lintas Internet di Amerika dan melaporkan bahwa Yahoo! berhasil mengeser situs Google ke posisi kedua dan sekarang Yahoo! berada di posisi puncak.

Yahoo-Email-Watch-List-$1.99-5-usernames

(Images: top right, Yahoo! Watch List “complete” confirmation of order via email; bottom, Yahoo! Watch List homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s