Advertisements

GiveGab: jaringan sosial menghubungkan organisasi dengan komunitas lokal dan menciptakan peluang bagi sukarelawan

GiveGab-logoBanyak pelajar, calon mahasiswa, dan orang dewasa memanfaatkan waktu kosong mereka untuk mencari peluang yang menarik, seperti bekerja sebagai sukarelawan di yayasan sosial atau organisasi nirlaba. Para sukarelawan mengisi pekerjaan di komunitas lokal dengan harapan mendapat referensi ketika dibutuhkan. Sebagai prasyarat penerimaan siswa, hampir semua sekolah menengah (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan perguruan tinggi (college dan universitas) di Amerika mewajibkan pelajar mengisi waktu mereka sebagai sukarelawan.

GiveGab bertujuan untuk membantu menemukan peluang bagi sukarelawan. Startup ini bekerja seperti sebuah jaringan sosial yang menghubungkan organisasi dengan komunitas lokal. GiveGab menyediakan informasi bagi calon sukarelawan apabila ada lowongan pekerjaan di suatu komunitas, yang mana lowongan tsb sesuai dengan kemampuan dan minat mereka.

Sejak diluncurkan pada tahun 2011 di kota Ithaca, GiveGab telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 1.500 organisasi nirlaba. Saat ini sudah lebih dari 200 perguruan tinggi yang mendaftarkan diri untuk menciptakan peluang bagi sukarelawan. Ithaca adalah kota pelajar terkemuka di negara bagian New York, dimana kampus Universitas Cornell yang sangat indah hampir menguasai separuh lahan di kota ini.

GiveGab-banner-via-Facebook

Minggu ini GiveGab meluncurkan layanan baru yang mengharuskan pengguna membayar iuran bulanan kalau mereka ingin memakai fitur yang lebih canggih. Contoh paket untuk pengguna dari kalangan universitas dikenakan biaya sekitar $399 per bulan. Pada kesempatan ini, GiveGab menambah fitur-fitur baru, supaya organisasi dapat memakai alat-alat untuk memamerkan organisasi mereka secara online, mempromosikan acara, menciptakan peluang bagi sukarelawan, membuat pelaporan terhadap aktivitas dari semua sukarelawan, dan membuat metrik yang dapat mengukur kemajuan suatu aktivitas. Keunggulan bagi pelanggan yang membayar iuran terutama bagi pemimpin organisasi para sukarelawan, termasuk bisa terus memantau program mereka, mengerti berbagai program yang sukses, melihat pengaruh suatu program terhadap komunitas, dan menerima umpan balik dari sukarelawan.

Dalam sebuah blog post yang dipublikasikan minggu ini, eksekutif GiveGab menulis bahwa awal tahun ini sudah menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $1,6 juta dollar yang didukung oleh beberapa investor seperti Cayuga Venture Fund, Great Oaks Venture Capital, Rand Capital SBIC dan Excell Partners. Dana baru dipakai untuk pengembangan inovasi teknologi, terutama berfokus untuk menciptakan aplikasi perangkat seluler, yang rencananya akan tersedia menjelang akhir tahun 2013 ini.

(Images: top right, GiveGab logo; middle, GiveGab banner via Facebook; click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s