Advertisements

Cinemagram: aplikasi mengubah foto statis menjadi animasi dengan menggunakan format kuno GIF dan merekam video pendek (2-3 detik) untuk diputar berulang-ulang secara otomatis

cinemagram-icon-logoAplikasi untuk mengambil foto lewat ponsel pintar berkembang sangat pesat sejak awal tahun 2012 sampai akhirnya Facebook mengakuisisi Instagram pada bulan April dengan harga penawaran mencapai $1 miliar dollar. Kemudian pada akhir bulan bulan Mei, Facebook meluncurkan aplikasi kamera yang dikembangkan oleh tim teknisi sendiri untuk menghubungkan dan memudahkan sinkronisasi dari berbagai album foto. Hal ini dilakukan supaya pengguna bisa berbagi foto dengan teman, sedangkan foto dari album Instagram lebih gampang ditampilkan di dinding jaringan sosial.

cinemagram-iphone-appSetelah Instagram diakuisisi oleh Facebook, maka bermunculan ide untuk mengembangkan aplikasi untuk mengambil foto. Salah satu ide tsb yaitu mengubah foto statis menjadi animasi semacam video klip pendek yang singkat dan menarik ditonton. Hal ini diprakarsai oleh Cinemagram yang bervisi untuk menciptakan aplikasi hybrid antara foto dan video. Tujuannya menargetkan khalayak umum pengguna ponsel pintar yang akan bertindak sebagai penerbit dan pencipta konten. Cuplikan video pendek bisa dipakai sebagai bahan promosi sambil menunjang bisnis video dan perfilman.

Dari segi teknologi, Cinemagram menggunakan format kuno GIF untuk menciptakan klip kecil yang bisa diputar berulang-ulang secara otomatis. Dibandingkan video panjang yang kadang bisa membosankan, klip pendek lebih memungkinkan pengguna menonton dari ponsel dengan singkat, paling lama antara 2 sampai 3 detik. Dalam hal memperindah atau mempermak gambar, Cinemagram memakai teknik yang hampir sama dengan Instagram. Teknik memperkaya gambar dengan memakai filter overlay seperti latar belakang dan cahaya berbeda. Setelah klip diciptakan, pengguna dapat berbagi dengan teman melalui Twitter,Tumblr dan Facebook. Aplikasi Cinemagram untuk sementara hanya tersedia untuk melayani pengguna perangkat iOS (iPhone, iPad, dan iPod). Versi 1.18 untuk iOS (membutuhkan 10 MB) diluncurkan tanggal 16 November lalu.

1258031.movSejak musim panas tahun 2012 ini jumlah pengguna semakin membengkak dan diperkirakan pada awal bulan Oktober mencapai ratusan ribu yang mendaftar setiap hari yang mana mengakibatkan kebutuhan server untuk menampung data dari pengguna juga bertambah. Memasuki musim gugur tahun ini, tim teknisi yang terdiri dari 5 orang melakukan hijrah dari kota Montreal (Kanada) ke Silicon Valley. Sesampainya di pusat teknologi terbesar di dunia, para investor terkemuka mulai melirik perusahaan startup ini. Dengan mengutip allthingsd.com, sejak minggu lalu investor bersedia menanam modal pada putaran pertama (Seri A) sejumlah $8.5 juta yang dipimpin oleh Menlo Ventures, Atlas Venture, Khosla Ventures dan Real Ventures.

(Images: top, Cinemagram iOS icon; middle, Cinemagram iOS app; bottom, an example of Cinemagram file)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] untuk mengambil foto sudah banyak tersedia di pasar, seperti Instagram, Facebook Kamera, Linea, Cinemagram, dan lain sebagainya. Untuk mengungguli aplikasi lainnya, setiap pengembang aplikasi mencoba […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s