Advertisements

TranscribeMe: layanan mengubah suara ke teks dengan transkripsi akurat, sangat berguna bagi peneliti di lapangan, para pembisnis/profesional yang menghadiri pertemuan dan konferensi, terutama untuk merekam dan menuliskan wawancara, pidato, diskusi panel

TranscribeMe-iPhoneSeringkali para pembisnis dan profesional yang menghadiri pertemuan dan konferensi merasa kurang paham dan ragu-ragu dengan apa yang mereka dengar dari pidato. Demikian halnya dengan para peneliti medis yang ingin menangkap kata kunci lebih jelas ketika melakukan wawancara di lapangan. Sama halnya dengan pemasar yang mengadakan diskusi panel dengan satu kelompok tester dan ingin menyalin tangapan mereka secara tertulis. Demikian pula dengan pembicara seminar yang ingin menguangkan konten audio miliknya dan membagikan inspirasi ke dalam bentuk teks. Tidak lepas dari itu, penyelenggara konferensi yang ingin menambah nilai bagi peserta untuk menerima ketikan pidato dan hasil diskusi, apalagi bagi peserta yang tidak sempat menghadiri sebagian diskusi. Keinginan-keinginan semacam itu sudah terjawab dengan menggunakan layanan teknologi dari perusahaan startup TranscribeMe.

Keunggulan perusahaan TranscribeMe terletak di sisi menggabungkan perangkat lunak yang diciptakan oleh tim teknisi sendiri dengan sumber daya manusia, yang mana memberikan layanan mengubah suara ke teks dengan transkripsi akurat. TranscribeMe memakai model hibrida yang menggabungkan inovasi teknologi perangkat lunak yang memahami suara dengan akurasi mencapai 98 sampai 100 persen, dan menggabungkan tulisan teks dengan tanggapan dari kerumunan ahli suara dan bahasa. Perusahaan ini yakin akan menyediakan layanan yang terbaik di dunia untuk urusan konversi audio maupun video ke teks.

TranscribeMe-iOS-appTranscribeMe menyediakan aplikasi untuk Apple iOS (iPhone) yang memungkinkan pengguna untuk merekam wawancara, pidato, diskusi panel, ataupun menggunakan suara sendiri dengan dikte, kemudian selang beberapa detik kemudian aplikasi ini merubahnya ke dalam bentuk teks. Boleh dibilang bagi pengguna yang malas menulis, mereka tidak perlu lagi membuang waktu mencari pulpen dan kertas, mereka cukup mendikte pikiran mereka dan beberapa detik kemudian suara mereka sudah berubah ke teks yang mudah tersimpan dan bisa diakses untuk selamanya.

Pola pembayaran layanan dari TranscribeMe terbagi atas dua macam. Untuk satu orang pembicara, biaya mengubah suara ke teks akan dikenakan $1 per menit. Untuk dua atau lebih pembicara, akan dikenakan biaya $2 per menit.

TranscribeMe didirikan di kota San Francisco pada bulan September 2011, dan memiliki dua kantor cabang di Singapore dan Auckland, Selandia Baru. Perusahaan ini menjalin kemitraan dengan Evernote (penyedia aplikasi mencatat tulisan dan komentar pendek), Livescribe (semacam pulpen yang merekam tulisan tangan), dan beberapa penyelenggara VoIP (telepon lewat Internet). Minggu ini TranscribeMe mengumumkan bahwa startup ini menerima pendanaan tambahan sejumlah $900 ribu dollar dari beberapa investor, termasuk Tech Coast Angels, Sierra Angels, TEC Ventures, ICE Angels, Keiretsu dan Maverick Angels. Bersama dengan pendanaan awal dari beberapa investor, maka sejak didirikan dana sudah mencapai $1,5 juta dollar.

(Images: top, TranscribeMe Facebook page; middle, TranscribeMe iOS app)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s