Advertisements

ParkIT: aplikasi yang memuat semua peraturan parkir mobil di pinggir jalan, dengan fitur memperingatkan pemilik kendaraan untuk menghindari resiko ditilang petugas parkir

Park-IT-Android-appSeringkali pemilik kendaraan beroda empat merasa begitu gembiranya ketika menemukan satu lokasi parkir di pinggir jalan di kota besar seperti San Francisco dan Los Angeles. Dibandingkan dengan membayar ongkos parkir di gedung parkir dengan biaya antara $15 sampai $35 per satu kali parkir, parkir jangka pendek di pinggir jalan jauh lebih murah. Pengemudi tinggal memasukkan koin $0.25 ke parkir meter. Dengan satu koin, biasanya cukup untuk memarkirkan mobil antara 10-15 menit lamanya. Tetapi pengemudi seringkali menghadapi masalah ataupun akibat kelalaian karena tidak membaca semua peraturan parkir dipinggir jalan. Demikian halnya dengan tanda papan peraturan yang dipasang di tiang listrik yang isinya cukup berbelit-belit dan tidak jelas. Kesalahan yang mengakibatkan resiko menerima tiket denda dalam bentuk financial sangat besar, misalnya tiket tilang parkir meter mencapai $50 per satu kali pelanggaran. Jenis pelanggaran termasuk memakirkan mobil pada saat petugas kebersihan kota menyapu jalan, pelanggaran parkir di daerah perumahan, pelanggaran parkir di putaran jalan, memarkirkan mobil terlalu dekat dengan pompa pemadam kebakaran, dan pelanggaran akibat tidak membayar cukup setelah melampaui jam parkir meter.

ParkIT Lite dan ParkIT adalah aplikasi yang diciptakan oleh Calvin Liu dan Manohar Kamath yang mengalami pengalaman pahit di kota San Francisco ketika mobil mereka di tilang dan kemudian di tarik oleh petugas parkir jalan. Park.IT sebelumnya memakai nama situs ParkingTicketStopper.com. Kayaknya nama situs baru Park.IT jauh lebih keren. Aplikasi ParkIT Lite disediakan secara gratis, dapat dijalankan di ponsel pintar dengan sistem operasi iOS (iPhone) dan Android.

Aplikasi ParkIT menyediakan secara lengkap semua peraturan parkir di sebuah kota, misalnya kota San Francisco. Keuntungan aplikasi ini termasuk pengemudi mengikuti semua hukum di kota dan menghindari resiko di tilang atau di tarik oleh truk penarik mobil. Pengemudi dipastikan menerima semua peraturan terbaru yang terus diperbarui oleh tim kerja ParkIT. Untuk menghindari resiko ditilang petugas parkir, maka aplikasi ini menyediakan alarm pemberitahuan yang dipasang di ponsel. Peringatan awal kepada pengemudi bahwa jumlah waktu yang tersedia di parkir meter akan segera berakhir, jadwal penyapuan jalan yang dilakukan oleh petugas kebersihan kota akan segera dimulai, dan lain sebagainya.

Sebagai usaha startup, ParkIT sudah menjalin kemitraan dengan Zipcar di kawasan Silicon Valley, sebuah usaha penyewaan mobil jangka pendek yang sangat populer di kalangan turis kota dan mahasiswa penguruan tinggi. Aplikasi ParkIT Lite versi 1.01 untuk iOS diperbarui pada tanggal 11 Februai 2013 lalu. Diperkirakan jumlah pengguna aplikasi ini masih dalam taraf ribuan saja. Sampai hari ini, ParkIT masih belum mengumumkan kalau startup ini sudah menerima dukungan modal dari pemodal ventura.

(Image: top, Part.IT Android app)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s