Verbling: menggunakan inovasi teknologi video untuk belajar bahasa asing, supaya menjadi fasih dengan penutur asli

Belajar menguasai bahasa asing menghabiskan banyak waktu, ketekunan, dan biaya untuk membayar guru trampil. Akan tetapi belum ada standar metode yang di anggap paling benar untuk belajar bahasa baru. Sedangkan pasar belajar bahasa asing sudah dipenuhi dengan berbagai layanan online, terutama bagi pemula yang ingin menemukan cara belajar bahasa terbaik.

Verbling-homepageVerbling mengandalkan inovasi teknologi video online yang disiarkan secara langsung. Hal ini akan membantu siswa supaya dapat segera mengembangkan keterampilan berbahasa asing. Untuk itu, perusahaan ini menjalin kerjasama dengan guru bahasa dalam skala global, sehingga pelajaran yang diberikan dapat berputar selama 24 jam. Siswa bisa berinteraksi bolak-balik dengan guru, dengan menggunakan kamera komputer.

Verbling menyediakan layanan yang berbeda dengan metode yang sudah ada di pasar. Perusahaan startup ini menawarkan tiga jenis produk, yaitu belajar bahasa secara grup, les privat dengan seorang guru yang trampil, dan belajar secara komunitas.

Untuk kelas grup biasanya dibatasi sampai 9 siswa dari seluruh dunia. Setiap kelas dipimpin oleh guru yang fasih bahasa asli. Saat ini, kelas grup sudah tersedia untuk siswa yang ingin belajar bahasa Inggris dan Spanyol.

Untuk les privat, Verbling berhasil menggembangkan layanan untuk 10 macam bahasa, termasuk bahasa Inggris, Spanyol, Tionghua, Perancis, Jerman, Rusia, dan bahasa lainnya. Guru les privat harus melewati berbagai standar penyaringan supaya siswa benar-benar dilayani oleh guru trampil dan guru yang fasih sebagai penutur asli.

Sedangkan layanan belajar secara komunitas diberikan secara cuma-cuma. Dalam komunitas ini, setiap siswa akan dipertemukan dengan siswa yang memiliki penutur bahasa yang berbeda. Sepasang siswa bisa saling mendukung siswa lainnya supaya mencapai tujuan belajar bahasa asing.

Verbling didirikan pada bulan Mei 2011 dan berbasis di kota San Francisco, California. Menjelang hari Natal, Verbling mengajukan formulir pendanaan sejumlah $4,8 juta dollar kepada lembaga pertukaran saham milik pemerintah Amerika (SEC). Dalam formulir ini, Verbling menyatakan sudah menerima dana sejumlah $3,5 juta dollar dari beberapa investor yang belum diumumkan secara resmi.

(Images: middle right, Verbling homepage showing classes)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s