Advertisements

VoloMetrix: membantu perusahaan meningkatkan kinerja dan produktivitas, dengan menganalisis bagaimana pekerja menghabiskan waktu mereka

VoloMetrix-logoPerusahaan yang bertumbuh dengan cepat sering menghadapi permasalahan kompleks karena tim kerja didalam organisasi memiliki waktu yang lebih sedikit dan lebih sulit untuk tetap menfokuskan diri mencapai sasaran. Perusahaan pada hakekatnya ingin karyawan mereka memfokuskan waktu dan energi pada prioritas utama. Untuk itu biasanya perusahaan memakai berbagai peralatan dan analisis untuk membantu mereka memaksimalkan sumber daya manusia. Kebanyakan layanan pelacakan produktivitas pekerja yang tersedia di pasar hari ini lebih diarahkan untuk mengetahui bagaimana setiap pekerja menghabiskan waktu mereka di depan komputer. Karena memakai peralatan yang dirahasiakan, seringkali perusahaan dikecam dengan alasan privasi. Sebaliknya layanan VoloMetrix mengumpulkan data secara anonim dan menganalisis semua data yang dikumpulkan dalam bentuk agregat atau secara keseluruhan.

Tujuan utama VoloMetrix yaitu membantu para manajer memahami apa yang sedang terjadi didalam tubuh perusahaan berdasarkan analisis data. VoloMetrix menyediakan perangkat lunak berbasis di awan (cloud) dan menamakan dirinya sebagai “Social Enterprise Intelligence” (intelijen perusahaan dari segi sosial).

VoloMetrix-OurProduct-screenshotVoloMetrix melacak dan menganalisis data dalam bentuk sistem kolaborasi dari karyawan, dengan mengumpulkan informasi secara instan yang diambil dari email (termasuk email dari Outlook), Internet Messenger (misalnya, Windows Live, Skype, BBM, Yahoo), daftar kalender kegiatan di kantor, dan aktivitas jaringan sosial perusahaan. Dengan data ini maka manajer dapat memutuskan yang mana berhasil dan yang mana belum. Demikian pula mengetahui tim kerja menghabiskan waktu paling banyak di mana dan mengetahui kegiatan apa mengkonsumsi waktu yang paling banyak. Hasil analisis dari VoloMetrix akan membuka wawasan para manajer supaya membantu mereka mengambil langkah-langkah berikutnya untuk mengembalikan posisi perusahaan pada keadaan semula, yaitu memfokuskan pada prioritas utama, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi inefisiensi.

Minggu ini VoloMetrix kembali menerima tambahan modal putaran pertama (Seri A) sejumlah $3,3 juta dollar. Dana baru berasal dari pemodal ventura Shasta Ventures yang sebelumnya sudah menanam modal sejumlah $1,6 juta dollar pada bulan April 2012. Sejak didirikan di kota Seattle pada tahun 2011 dengan karyawan sekitar 10 orang, startup ini sudah berhasil mengumpulkan modal mendekati $5 juta dollar.

(Images: top right, VoloMetrix logo; middle left, VoloMetrix Our Product)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s