Advertisements

Exo Labs: kamera mikroskop yang menghubungkan ke perangkat iOS supaya melihat hasil uji-coba ilmiah lebih interaktif

Exo-Labs-camera-via-FacebookPertumbuhan jumlah pemakai perangkat yang dijalankan dengan iOS (iPad) semakin meningkat di kalangan sekolah di Amerika. Dengan tersedianya peralatan-peralatan modern seperti mikroskop, maka semakin bertambah pula jumlah anak-anak sekolah yang memiliki rasa ingin tahu dan seolah-olah bertindak seperti seorang ilmuwan. Perusahaan startup Exo Labs terinspirasi dan melihat potensial pasar untuk meraup pelanggan peralatan uji-coba laboratorium di lingkungan sekolah.

Walaupun cara kerja peralatan Exo Labs sangat mirip dengan peralatan yang sudah tersedia di pasar, perusahaan startup ini memiliki beberapa keunggulan dengan kamera mikroskop yang dinamakan Focus Microscope Camera. Dengan alat ini, pengguna dapat merekam hasil uji-coba, berbagi dengan teman kelas dan guru, dan melakukan analisa. Keistimewaan peralatan ini yaitu menghubungkan Focus dengan kamera built-in di iPad, supaya dapat dipakai oleh ilmuwan dengan mudah. Kegunaannya termasuk menemukan hubungan karakteristik dalam sudut pandang ilmu pengetahuan, antara hasil uji coba didepan mikroskop dengan tampilan yang dapat dilihat di layar iPad.

Exo-Labs-focus-homepage

Exo Labs didirikan pada bulan Desember 2011 di kota Seattle dan sudah memiliki delapan karyawan. Perusahaan startup ini khusus menargetkan kalangan sekolah, tetapi tidak menutup kemungkinan pasar di ekspansi ke kalangan konsumen dan perusahaan penyedia jasa untuk melakukan uji-coba medis. Minggu ini Exo Labs mengumumkan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $1,25 juta dollar. Pendukung modal masih belum diumumkan secara resmi.  Menurut laporan geekwire.com, sejak didirikan Exo Labs sudah mengumpulkan sekitar $2 juta dollar.

(Images: top right, Exo Labs Focus Camera via Facebook; middle, Exo Labs homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s