ClassPass: anggota membayar iuran berlangganan bulanan, untuk mendapatkan akses ke puluhan ribu kelas kebugaran

Saat ini sedang terjadi perkembangan inovasi model bisnis bagi perusahaan yang menyelenggarakan latihan kebugaran. Biasanya anggota berlangganan bulanan untuk melakukan latihan kebugaran di studio milik perusahaan yang sama, misalnya, LA Fitness, 24 hours Fitness, dan Gold’s Gym. Di era yang serba high-tech ini, anggota masih tetap membayar iuran berlangganan bulanan, tetapi mereka boleh datang berlatih di berbagai studio untuk mengambil kelas kebugaran yang diselenggarakan oleh pelatih setempat.

Strategi bisnis terbaru ini sudah diperkenalkan oleh ClassPass di beberapa kota besar di Amerika, termasuk New York, Boston, Chicago, San Francisco, Los Angeles, Washington, DC, Seattle, Portland, San Diego, Austin, Dallas-Fort Worth, Miami, Denver, Philadelphia, Atlanta, Phoenix, Houston, Charlotte, Columbus, dan Minneapolis.

Class-Pass-homepageClassPass berprinsip bahwa latihan kebugaran tidak akan pernah bosan dan supaya semua anggota tetap aktif ketika mereka sedang bepergian di kota lain. ClassPass menjalin kemitraan dengan berbagai studio di kota besar yang menyediakan puluhan ribu kelas kebugaran, seperti bersepeda, yoga, boot camp, tari, latihan otot, dan lainnya.

Keistimewaan bisnis model ClassPass dengan menyediakan berbagai opsi bagi anggota. Dengan banyaknya pilihan, maka anggota dapat pergi ke studio yang sesuai dengan keinginan mereka. Keuntungannya, anggota bisa bertahan lama dan terus membayar iuran bulanan. Strategi ini secara otomatis mengurangi jumlah pembatalan anggota berlangganan bulanan. Demikian pula, anggota tetap aktif berlatih dan menjaga kebugaran mereka.

ClassPass diperkenalkan pada bulan Juni 2013. Sejak itu sudah berhasil menjalin kemitraan dengan lebih dari 2.000 studio kebugaran di Amerika. Dalam siaran pernya, ClassPass menyatakan bahwa seluruh anggotanya sudah pernah mengikuti sebanyak 1,5 juta kali latihan di berbagai kelas kebugaran.

ClassPass berbasis di kota New York. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $40 juta dollar yang diberikan oleh General Catalyst dan Thrive Capital. Bersama pendanaan dari beberapa investor yang bersifat pribadi seperti Fritz Lanman, Hank Vigil, Shana Fisher dan Kal Vepuri, maka startup ini sudah mengumpulkan modal kerja sebanyak $55 juta dollar.

(Image: middle left, ClassPass homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s