Advertisements

Sekolah negeri di kota Los Angeles berencana memberikan iPad kepada 640.000 siswa ketika memulai tahun ajaran 2014

Los-Angeles-sealSekolah-sekolah di Amerika sedang berlomba untuk meningkatkan mutu pendidikan dan melengkapi siswa mereka dengan keterampilan teknologi baru. Kalau sekolah swasta menerima dukungan dana dari orangtua yang mampu, sedangkan sekolah negeri disokong oleh dana yang diambil dari pajak.

Pertengahan bulan Juni 2013 lalu, Los Angeles Unified School District (LAUSD) meneken kontrak yang bernilai $30 juta dollar dengan perusahaan Apple untuk menyediakan 31.000 perangkat iPad sebagai program percontohan. Tablet komputer ini akan diserahkan kepada siswa-siswa di sekolah negeri di kota Los Angeles ketika memulai tahun ajaran 2013 dan semua perangkat iPad sudah berada di tangan siswa pada bulan Agustus 2013 ini.

Minggu ini CITEworld melaporkan bahwa LAUSD berencana menambah dana untuk membeli ratusan ribu biji iPad dan memberikannya kepada 640.000 siswa sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah atas (SMA) ketika memulai tahun ajaran 2014. Tambahan dana untuk membayar iPad masih dalam proses perencanaan dan diperkirakan dana akan dikumpulkan dengan kombinasi pajak dan sumbangan dari swasta.

Apple-iPadSemua perangkat iPad akan dilengkapi dengan aplikasi belajar yang disediakan oleh Pearson Common Core System of Courses. Pearson adalah penyedia perangkat lunak dan aplikasi terkemuka di dunia pendidikan. Disamping itu, perusahaan Apple akan menambahkan aplikasi dan perangkat lunak, seperti iWork, iLife dan iTunes, dan beberapa aplikasi pendidikan dari penyelenggara lainnya.

Keberhasilan Apple menjalin kemitraan dengan LAUSD akan membuka peluang pasar bagi perusahaan yang berbasis di Silicon Valley, karena LAUSD merupakan organisasi pendidikan terbesar nomer dua di Amerika. Apple akan memakai program percontohan di LAUSD untuk mempengaruhi organisasi pendidikan di kota lain di Amerika, maupun di kota-kota lainnya di dunia. Kemenangan Apple setelah melewati proses penyeleksian yang sangat ketat, terutama menghadapi persaingan dari Microsoft yang berusaha menjual perangkat tablet Surface yang dijalankan dengan sistem operasi Windows, dan perusahaan Google yang memasarkan perangkat tablet Nexus yang dijalankan dengan sistem operasi Android.

(Images: top right, Los Angeles County seal; middle left, Apple iPad)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] beberapa tahun terakhir ini. Musim panas tahun 2013 Apple menyodorkan perangkat tablet iPad kepada sekolah-sekolah negeri di kota Los Angeles, menjelang akhir tahun 2013 Microsoft memberikan secara gratis perangkat lunak Office 365 kepada […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s