Advertisements

The Fancy: situs berbagi foto sosial, berbagi selera dan berbagi sesuatu menarik, yang juga berfungsi sebagai toko online, blog, dan semacam majalah fashion, sedang dilirik oleh perusahaan gadget terbesar didunia Apple

Situs perdagangan yang mengandalkan jaringan sosial semakin memanas akhir-akhir ini. Salah satu situs yang sering disebut-sebut sebagai saingan berat terhadap Facebook adalah situs Pinterest yang menyediakan layanan berbagi foto yang mana pengguna anggap menarik.

Sementara itu menjelang akhir tahun 2010 muncul situs The Fancy, situs ini jauh lebih kecil dari Pinterest. Pada awal berdirinya startup The Fancy tujuannya untuk menghubungkan pengguna melalui berbagi foto sosial dan berbagi selera yang diketemukan di Internet yang mereka anggap menarik.

Sejak awal tahun 2012, foto-foto istimewa yang tampil di halaman depan The Fancy di sambungkan ke toko online, sehingga memudahkan pengunjung untuk berbelanja produk yang diinginkan. Otomatis saja perusahaan yang didirikan oleh Joseph Einhorn dengan 20 orang pegawai ini mendapat semacam komisi (kira-kira 10%) untuk memperdagangkan produk di situs ini.

Setelah dua tahun diluncurkan, The Fancy berkembang pesat dan didukung oleh pendiri Twitter, Facebook, dan satu group investor kelas atas di Silicon Valley termasuk perusahaan ventura Andreessen Horowitz.  Bahkan pada bulan Agustus 2011 lalu, perusahaan startup ini menerima investasi dari perusahaan yang menjual barang-barang mewah Gucci. Setelah melewati evaluasi pasar, pada saat The Fancy menerima investasi sebesar $10 juta pada putaran bulan Agustus 2011 lalu, perusahaan ini dinilai seharga $100 juta.

Satu kejutan yang terjadi pada minggu pertama bulan Agustus ini dimana dilaporkan oleh situs pengamat teknologi businessinsider.com bahwa perusahaan mobile gadget terbesar didunia Apple ingin meningkatan peran di pasar e-commerce dan ingin sekali mengakuisisi The Fancy. Selain Apple memiliki ratusan juta pengguna setia yang suka berbelanja di toko Apple iTunes, perusahaan ini memiliki daftar pembeli yang berpotensi dan memiliki daya beli tinggi. Kelebihan The Fancy lainnya termasuk situs ini menerima pengunjung dari Amerika yang diperkirakan mencapai 33% dari semua pengunjung situs ini. Porsi pengunjung lainnya dari Inggris dan China. Dari segi feng-shui, hanya suatu kebetulan saja, perusahaan startup ini berkantor pusat di New York City, dan menggunakan sebuah kantor yang terletak persis di atas toko komputer milik perusahaan Apple di kota terbesar di Amerika Serikat.

Untuk menambah pengunjung yang menggunakan telepon genggam, The Fancy juga menyediakan aplikasi untuk ponsel pintar, khusus untuk iPad, iPhone, dan Android platform.

(Screenshot: The Fancy)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s