Advertisements

Facebook ‘Nearby’ (‘Terdekat’): menu navigasi terbaru untuk membantu pencarian lokal berdasarkan ‘Like’ (‘suka’) dan rekomendasi dari teman-teman dan pengguna lainnya di jaringan sosial

Facebook-NearbyFacebook memperbarui menu navigasi dengan menambahkan sebuah tab yang diberi nama ‘Nearby‘ (artinya ‘Terdekat’) bagi pengguna yang login ke akun mereka melalui perangkat yang dijalankan oleh iOS (seperti Apple iPhone) atau Android (seperti Samsung Galaxy). Tab baru ‘Nearby’ ditambahkan pada aplikasi untuk ponsel pintar dan tablet komputer akan memungkinkan pengguna untuk menemukan tempat terdekat (misalnya, tempat belanja, restoran, dan bar) ketika mengunjungi suatu lokasi baru. Untuk memudahkan pencarian, pengguna bisa mencari berdasarkan kategori (misalnya, restoran). Facebook ‘Nearby’ dibangun oleh satu tim teknisi dari hasil akuisisi Facebook terhadap perusahaan startup bernama Gowalla yang dilakukan pada tahun 2011.

Fitur ‘Nearby’ mirip dengan pencarian lokal, tetapi lebih kaya informasi karena berdasarkan suka dan rekomendasi dari teman-teman ataupun dari anggota keluarga. Fungsi ‘Nearby’ juga mengungkapkan tempat-tempat yang sudah pernah dikunjungi oleh teman-teman, dimana mereka sudah memberikan peringkat nilai dan rekomendasi.

Bagi pembisnis lokal seperti restoran, café shop, salon kecantikan, dan tempat potong rambut, usaha kecil semacam itu seringkali mengandalkan rekomendasi dari teman-teman. Dengan pembaruan fitur ‘Nearby’ maka jelas sekali akan membantu kemajuan usaha lokal supaya calon pembeli bisa mencari tempat usaha mereka dengan mudah. Supaya menerima keuntungan ini, setiap usaha lokal harus memiliki halaman Facebook dengan mencantumkan alamat toko, jam buka toko, telepon, dan jenis usaha.

Setiap hari separuh dari 150 juta orang yang mengunjungi halaman Facebook dari Amerika, diakses dari perangkat mobile termasuk ponsel pintar dan tablet. Data ini menunjukkan betapa pentingnya hubungan antara Facebook dan usaha kecil lokal. Setiap bulan diperkirakan lebih dari 250 juta pengguna Facebook menampilkan posting baru dengan memakai fitur penandaan (tag) yang mencantumkan lokasi, misalnya foto yang diambil di restoran sushi kota Santa Monica, dll.

Dengan peluncuran fitur terbaru ini Facebook seolah-olah menakut-nakuti penyedia layanan yang menargetkan pengguna pencarian lokal misalnya Yelp dan Foursquare. Kelebihan ‘Nearby’ karena menggunakan rekomendasi yang berasal dari teman-teman dan pengguna lainnya di dalam jaringan sosial, sedangkan Yelp hanya menggunakan rekomendasi dari kalangan umum. Facebook membuka kesempatan yang luar biasa bagi pembisnis lokal supaya mereka bisa mengandalkan fitur terbaru ini untuk mempromosikan layanan jasa maupun penjualan produk, dan menghubungkan tempat usaha mereka dengan calon pelanggan baru.

(Image: Facebook Nearby)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] dari: SOcial, LOcal, MObile) yang akhir-akhir semakin panas didunia perdagangan online, contohnya Facebook Nearby yang diluncurkan awal minggu ini. Aktivitas lalu-lintas dan akses Internet yang dilakukan pengguna […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s