Advertisements

Crema: membangun pasar online bagi penggemar kopi, menyeleksi kopi langka dari petani dan mengutamakan kesegaran

crema-coPeminum kopi pada umumnya mempunyai selera berbeda terhadap jenis-jenis kopi yang sudah ada di pasar. Setiap merek kopi mempunyai ciri khas dan aroma berbeda. Merek kopi terkemuka, seperti Starbucks, sangat mudah ditemukan di supermarket. Sedangkan mekanisme untuk memesan kopi langka langsung dari petani masih belum ada.

Crema membangun inovasi pasar online yang memungkinkan para peminum kopi menemukan kopi langka. Keunggulan Crema terletak pada metode seleksi, karena sebuah tim khusus mendatangi petani-petani di berbagai negara dan memilih jenis kopi yang unik.

Setelah mengunjungi petani, penulis merangkumkan kisah perjalanan dan mengarang cerita tentang petani yang menanam kopi langka di negara seperti Guatemala, Brasil, El Salvador, Ethiopia, Kenya, Sumatra dan negara lainnya. Sambil mempelajari cerita tentang petani, penggemar kopi boleh memesan kopi kesukaan mereka secara online.

Cara kerjanya, pelanggan memutuskan jenis kopi yang disukai, kemudian data disimpan di Brewlist. Pelanggan memesan kopi dan menentukan jadwal pengiriman dalam skala per minggu atau per bulan. Harga per pak seberat 12 oz (340 gram) sekitar $15 dollar. Crema tidak memunggut biaya pengiriman. Selain itu, pelanggan boleh memilih jenis kopi yang berbeda untuk setiap kali pengiriman.

Untuk menjaga mutu kopi, maka perusahaan startup ini mengutamakan kesegaran. Ini karena setelah kopi dipanggang, maka segera dikirim ke pelanggan.

Crema melakukan pemasaran melalui Kickstarter sejak awal tahun ini dan berakhir pada bulan April 2015. Dalam kampanye ini berhasil mengumpulkan dana benih sekitar $25 ribu dollar dari 351 pendukung. Kemudian melakukan berbagai uji-coba pemesanan dan pengiriman sampai bulan Agustus. Bersamaan dengan musim belanja terbesar akhir tahun 2015 ini, maka mulai awal bulan Desember membuka kesempatan kepada pelanggan baru untuk memesan kopi melalui situs web.

(Image: top right, Crema.co homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s