Thuuz: aplikasi yang memperingatkan fans ketika suatu pertandingan seru sedang berlangsung, semacam asisten pribadi untuk dunia olahraga

Bayangkan betapa serunya kalau ada pertandingan olahraga yang membutuhkan perpanjangan waktu sedang berlangsung di TV, apalagi hasil skornya kontroversial, hampir semua penggemar olahraga akan terus membicarakannya berhari-hari. Bagi penggemar olahraga yang sibuk dan tidak mau ketinggalan memantau setiap pertandingan, maka dibutuhkan semacam alat peringatan supaya mereka bisa menghindari menonton cuplikan keesokan harinya, atau hanya membaca suratkabar tentang hasil pertandingan tsb.

Kehadiran aplikasi Thuuz akan menjadi asisten pribadi untuk dunia olahraga. Thuuz diambil dari kata “antusias” dan diluncurkan sejak September 2010. Dengan menggunakan aplikasi yang dijalankan oleh Apple iPhone dan Google Android, maka sebagai penggemar olahraga tidak akan pernah ketinggalan lagi menonton pertandingan seru karena aplikasi ini juga memberitahukan dimana siaran langsung sedang terjadi, baik lewat saluran TV, ponsel pintar, maupun lewat Internet. Aplikasi ini melayani beberapa cabang olahraga favorit di Amerika, termasuk NFL (sepakbola ala Amerika), MLB (baseball), NBA (bola basket profesional), NHL (es hockey), NCAA Basketball (bola basket perguruan tinggi), NCAA Football (sepak bola ala Amerika untuk perguruan tinggi), sepakbola Eropa, dan sebagainya.

Keunggulan Thuuz terletak di sistem pemberitahuan dimana setiap pertandingan akan diberi skala tingkat permainan antara angka 0 sampai 100 poin. Bagi suatu pertandingan yang menerima angka 100 berarti pertandingan tsb tidak bisa terlewatkan, dengan kata lain fans harus menonton siaran langsung. Sistem skala ini dengan cara mendulang data, yang menggunakan inovasi algoritmik dan sinyal “suka” atau “tidak suka” dari jaringan sosial. Dengan menggunakan sinyal sosial ini, maka setiap pengemar bisa mengetahui pertandingan apa yang sedang dinonton oleh teman-teman mereka. Disamping itu Thuuz juga melayani berita olahraga dan hasil pertandingan secara instan, sehingga aplikasi ini merupakan “one-stop” untuk urusan olahraga.

Menurut siaran pers dari situs web Thuuz yang disadur oleh techcruch.com, perusahaan startup ini sudah menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sebesar $4.2 juta dollar yang dipimpin oleh Liberty Global dan dibantu oleh Itochu Technology Ventures. Liberty Global adalah operator kabel untuk TV, telepon dan Internet terkemuka di Eropa. Sedangkan Itochu adalah salah satu investor terkenal untuk perusahaan Internet diawal tahun 2000-an termasuk Siebel Systems, NVIDIA, Openwave, dan Aruba Networks.

(Image: Thuuz iPhone app)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s