Advertisements

Tribogenics: inovasi mesin X-ray ukuran miniatur dan portabel mengandalkan bahan logam-polimer, yang digunakan untuk industri pengujian, diagnosa medis, pertambangan, militer, dan industri lainnya

Mesin X-ray sudah diciptakan lebih dari seratus tahun lalu dan belum banyak inovasi teknologi baru yang dikembangkan, dimana mesin model lama masih membutuhkan listrik tegangan tinggi dan dalam ukuran besar. Ternyata baru tahun 2009 perusahaan startup Tribogenics melakukan spin-off teknologi dari tim riset yang bermitra dengan kementerian pertahanan pemerintah Amerika, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) yang berlokasi di Universitas California Los Angeles (UCLA).

Beberapa teknisi Tribogenics mengembangkan visi penemuan mereka untuk memperkecil ukuran mesin X-ray dengan mengandalkan inovasi teknologi bahan terbaru yang menggunakan metal-polymer (logam-polimer). Logam-polimer dipakai sebagai sumber sinar, baik dirancang dalam ukuran satu titik tunggal ataupun dikelompokkan yang membuat satu panel datar yang lebih besar. Dengan menggunakan bahan logam-polimer, maka mesin X-ray mini ini tidak membutuhan tenaga listrik tegangan tinggi maupun menggunakan tabung kaca. Mesin X-ray ini bisa digunakan dalam lingkungan dan medan apa saja, termasuk digunakan untuk industri pengujian, diagnosa medis, pertambangan, militer, dan industri lainnya.

Penemu inovasi mesin X-ray ukuran mini dengan bangga mengumumkan hari ini bahwa mereka sudah menerima dana putaran pertama (Seri A) sebesar $6.2 juta dollar dari Founders Fund. Perusahaan investasi ini dipimpin oleh Peter Thiel (bekas PayPal) yang sangat berkuasa di Silicon Valley dan juga sebagai pemodal awal untuk perusahaan raksasa jejaring sosial Facebook dan pembuat roket luar angkasa SpaceX. Tribogenics bermarkas di kota Marina del Rey di pantai barat kota Los Angeles, sebelumnya sudah menerima modal awal sebesar $2.5 juta dollar dari Flywheel Ventures dan beberapa investor pribadi. Sejak berdiri tiga tahun yang lalu, total pendanaan sudah mencapai $8.7 juta dollar.

(Images: top, Tribogenics logo; middle, Tribogenics homepage with a slide showing metal-polymer)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s