Advertisements

Silvercar: penyewaan mobil di bandara dengan mengandalkan situs web, aplikasi ponsel pintar, komputasi teknologi awan (cloud), dan menampilkan armada mobil yang terdiri atas merek Audi, warna perak, model A4S, buatan tahun 2013

Jumlah penyelenggara penyewaan mobil di bandara di Amerika semakin menciut ketika beberapa perusahaan penyewaan bergabung, diakuisisi dan menjelma menjadi satu perusahaan besar. Sejak perusahaan penyewaan mobil tingkat atas Hertz mengakuisisi Dollar Thrifty (termasuk salah satu penyewaan mobil yang murah) pada bulan Agustus lalu, maka mayoritas penyewaan mobil di pasar di Amerika hanya dikuasai oleh tiga perusahaan besar yaitu Enterprise, Hertz, dan Avis. Kebanyakan usaha penyewaan mobil masih memakai cara lama seperti antrian panjang di depan loket yang membuat penyewa frustrasi. Karena hanya tinggal tiga penyelenggara besar, maka belum disediakan proses yang sederhana untuk para pembisnis (terutama pemimpin dan karyawan di dunia high-tech) yang suka melakukan perjalanan bisnis keluar kota. Malah persaingan pada tingkat jenis mobil yang disediakan oleh Enterprise, Hertz, dan Avis masih bertarap merek buatan Amerika seperti, Ford dan Chevy. Bahkan hanya menawarkan mobil-mobil yang tidak banyak fiturnya tsb, penyelenggara penyewaan mobil menarik harga sewa mobil yang termasuk sangat mahal.

Silvercar bertujuan untuk melakukan gebrakan di bisnis penyewaan mobil di bandara dengan mengutamakan perbaikan pengalaman pengguna, sambil menampilkan armada mobil yang terdiri atas merek Audi, warna perak, model A4S, buatan tahun 2013. Harga mobil Audi model A4S di pasaran paling murah sudah sekitar $35.000 (sekitar 350 juta Rupiah).

Karena akan melayani calon penyewa dari dunia high-tech, selain menyediakan armada mobil terbaik didunia dengan merek Audi, Silvercar akan mengintegrasikan proses penyewaan melalui komputasi awan (cloud). Dengan mengembangkan inovasi sistem awan, maka teknologi ini akan dipakai untuk menggabungkan aplikasi ponsel pintar, teknologi pembayaran dan penjadwalan, dan teknologi kendaraan yang akan memungkinkan pelanggan melakukan perjalanan dengan mudah, termasuk dari saat reservasi sampai pengembalian mobil. Aplikasi ponsel pintar juga akan dipakai sebagai alat untuk pemesanan, pengaturan jenis dan model kendaraan.

Perusahaan startup Silvercar berbasis di kota Austin, di negara bagian Texas, di selatan benua Amerika Utara. Silvercar mengumumkan bahwa mereka sudah menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $11,5 juta dollar. Investor terdiri atas Austin Ventures, CrunchFund (yang didirikan oleh penulis blog TechCrunch, Michael Arrington), SV Angel Fund, dan investasi dari beberapa investor pribadi. Startup ini masih belum mengumumkan lokasi bandara yang pertama dan yang paling hoki menerima mobil mewah Audi ini, yang pasti penyewaaan mobil ini akan segera beroperasi sebelum hari Natal tahun ini.  Potensi pasar mencakup kawasan Silicon Valley dengan dua bandara terdekat, yaitu di kota San Francisco dan San Jose.

(Images: top, Silvercar logo; middle, Silvercar smartphone app)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s