Advertisements

Peek: membantu pelancong menemukan hal-hal menakjubkan yang dapat dilakukan (“things to do”) di suatu kota atau tempat wisata

Ketika kita sedang bepergian, melancong ke suatu kota atau tempat wisata baru, kita sering memiliki hasrat untuk mencari hal-hal menakjubkan yang dapat dilakukan (“things to do”). Paling-paling kita cuma bisa mengandalkan mesin pencari seperti Google atau Bing/Yahoo untuk membantu mencari aktivitas, yang mana akhirnya Google akan menyodorkan beberapa situs web seperti TripAdvisor, Yelp, Expedia, dan situs lokal yang memuat informasi tentang tempat dan kota. Kelemahan layanan hari ini adalah belum ada penyedia yang mampu menggabungkan semua aktivitas yang dapat dilakukan di suatu kota ke dalam satu situs (semacam portal untuk aktivitas selama melancong). Yang dimaksudkan disini adalah berupa toko satu-kali-stop (“one-stop shop”) yang dapat dipercaya dan yang memudahkan pengguna melakukan pencarian dan sekaligus pemesanan aktivitas.

Jadi terlepas dari mencari akomodasi dan informasi penerbangan, para pelancong juga sering mencari kegiatan baru yang dapat dilakukan dan mendaftarkan kegiatan tsb. Kehadiran Peek bertujuan untuk mengisi kekurangan yang terjadi di dunia travel. Peek ingin membantu pelancong yang melakukan perencanaan perjalanan dan memuaskan para pelancong dengan menyediakan situs berupa toko satu-kali-stop. Keunikan Peek terletak di tampilan yang menggunakan fotografi cantik dan dibantu dengan ulasan singkat mengenai kegiatan yang dapat dilakukan di suatu kota, sekaligus berfungsi sebagai tempat pendaftaran. Keunggulan Peek termasuk dalam hal mencetak uang dengan cara mengambil komisi antara 15 sampai 30 persen untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh pengguna melalui situs web ini. Keunggulan lainnya terletak di kolaborasi dengan usaha kecil, Peek bertindak sebagai penyedia layanan aktivitas lokal (misalnya, perjalanan naik pesawat helicopter keliling kota, penjalanan mencoba minuman anggur, dan lain sebagainya), dimana usaha kecil semacam itu masih belum memiliki kehadiran di web yang kuat.

Dengan berpegang pada prinsip toko satu-kali-stop, dengan tampilan foto aktivitas yang menarik, dan sebagai tempat pemesanan aktivitas yang menghasilkan uang yang diambil dari komisi, Peek dilirik oleh beberapa investor ternama di Silicon Valley. Selain berhasil meluncurkan situs web terbaru dengan tampilan yang sangat mempesona hari ini, sumber berita teknologi menyatakan bahwa Peek sudah berhasil mengumpulkan dana dari para pemodal ventura sebanyak $1.4 juta dollar (New York Times melaporkan Peek sudah menerima $1.25 juta dollar pada bulan Januari 2012). Pemodal kelas atas terdiri dari SV Angel, Khosla Ventures, mantan CEO Google Eric Schmidt Innovation Endeavors, dan pendiri Twitter dan Square Jack Dorsey.

(Images: top, Peek Twitter update; middle, Peek homepage “things to do”)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s