Advertisements

Sejak dirilis akhir bulan Oktober 2012, Microsoft mengumumkan bahwa sudah 40 juta lisensi sistem operasi Windows 8 yang terjual melalui pabrik komputer dan mitra-mitra lainnya

Salah satu eksekutif Microsoft yang akan menggantikan Steven Sinofsky (mantan presiden divisi Windows) bernama Tami Reller mengumumkan bahwa perusahaan perangkat lunak terbesar didunia telah menjual 40 juta lisensi sistem operasi Windows 8. Steven Sinofsky yang memimpin divisi Windows tiba-tiba memutuskan untuk lengser dua minggu yang lalu, setelah peluncuran Windows 8. OS terbaru ini diluncurkan serentak di seluruh dunia pada tanggal 26 Oktober, 2012. Pembeli Windows 8 cenderung membeli versi upgrade untuk laptop dan desktop mereka. Tami Reller memberikan sekilas info penjualan OS terbaru ini ketika menghadiri Konferensi Teknologi Tahunan yang diselenggarakan minggu ini oleh Credit Suisse di kota Scottsdale di negara bagian Arizona. Konferensi ini dihadiri oleh kalangan analis dari dunia teknologi, keuangan, investor dan media.

Sistem operasi Windows 8 banyak menerima kritik atas perubahan tampilan yang lebih mengutamakan layanan bagi pemakai komputer jenis tablet supaya mampu menyaingi Apple iPad. Dalam sejarah peluncuran Windows OS, sejak versi 1.0 yang diciptakan oleh Bill Gates dan dirilis 20 November 1985 (27 tahun yang lalu), tidak habis-habis-nya pengguna di tantang dengan inovasi baru. Inovasi teknologi menyebabkan pengguna harus beradaptasi terhadap perubahan baru yang mana pada awalnya banyak pengguna yang menolak memakainya karena harus mengorbankan kompatibilitas dengan perangkat komputer yang sudah ada. Salah satu contohnya terjadi pada tahun 1995 ketika peluncuran OS versi baru yang dikenal dengan nama Windows 95. Setelah melewati ketakutan dan keraguan, akhirnya pengguna terbiasa dan selanjutnya asyik menggunakannya untuk membantu aktivitas sehari-hari. Malah sebagian besar pekerja-pekerja di kantor, anak-anak sekolah, dan pengguna lainnya seringkali menganggap bahwa mereka tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dan tugas mereka tanpa sistem operasi Windows.

Sejak Windows 8 dirilis untuk umum pada akhir Oktober, Microsoft terus menghimbau pengembang aplikasi untuk menciptakan aplikasi yang dapat dijalankan dengan sistem operasi terbaru ini. Malah Microsoft terus membantu pengembang supaya aplikasi yang sudah diciptakan dapat di gelar di Windows Store. Ajakan Microsoft ini cukup memikat karena sejak peluncuran, jumlah aplikasi yang tersedia di Windows Store sudah berlipat ganda. Menurut, blog post yang disampaikan oleh tim kerja Windows, sudah ada beberapa aplikasi di Windows Store yang mampu mengebrak pasar dan sudah menerima pendapatan dari penjualan lebih dari $25 ribu. Microsoft juga menyakinkan pengembang bahwa mereka akan mengantongi 80% dari hasil penjualan aplikasi melalui Windows Store. Dalam kesempatan ini, Microsoft juga menyatakan bahwa semakin banyak aplikasi baru yang ditambahkan ke Windows Store setiap hari. Bahkan sejak Windows 8 dirilis, beberapa perusahaan besar sudah menyediakan aplikasi mereka yang menargetkan pengguna perangkat komputer yang dijalankan oleh Windows 8. Perusahaan yang ikut berpartsipasi di Windows Store termasuk CBS, ABC News, ABC Family, Engadget (berita teknologi online), Flixster (jaringan sosial untuk film), Oprah Winfrey Network (OWN), Vimeo (penyedia situs video semacam YouTube), dan lain sebagainya.

(Images: top, Windows 8 logo; left, Windows 8 Pro box)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s