Advertisements

SavingStar: menyimpan kupon diskon untuk supermarket dan toko kelontong secara digital, sebagai pengganti kupon kertas

savingstar-logoOrang Amerika mempunyai kebiasaan berlangganan suratkabar hari minggu (seperti LA Times Sunday) supaya dapat menyimak kupon kertas yang diselipkan oleh pedagang. Kupon semacam itu memberikan diskon lumayan besar untuk berbelanja produk yang dijual di supermarket, toko kelontong dan toko obat. Apabila ada kupon yang cocok, pembaca suratkabar akan mengguntingnya dan disimpan di dompet. Ketika membayar di toko atau supermarket, kupon tsb bisa ditunjukkan ke kasir untuk menerima harga diskon antara $0.25 sampai $2 dollar atau tergantung persentase diskon. Tugas menyimpan kupon kertas sekarang sudah digantikan dengan cara digital dan dapat disimpan di ponsel.

savingstar-homepage-screenshotPerusahaan startup SavingStar didirikan pada bulan Juni 2010 dan meluncurkan layanan menyimpan kupon secara digital sejak April 2011. SavingStar berbasis di kota Waltham yang tidak jauh dari kota Boston, di negara bagian Massachusetts, di pantai timur Amerika. SavingStar merupakan pecahan dari perusahaan Upromise.com yang menyediakan layanan bagi 13 juta anggota yang berbelanja sambil menabung uang kuliah. Hari ini SavingStar sudah mencatat sekitar tiga juta anggota. SavingStar menjalin kemitraan dengan 200 merek terkemuka yang menawarkan kupon untuk menghemat uang belanja. Layanan SavingStar dapat diakses dari 24.000 supermarket, toko kelontong, dan toko obat di seluruh Amerika.

SavingStar memiliki beberapa keunggulan dibandingkan penyedia lainnya. Akun SavingStar dapat dikaitkan dengan kartu loyalitas yang sudah disediakan oleh supermarket dan toko kelontong sehingga gampang mencatat jumlah transaksi dan jumlah diskon yang sudah dikumpulkan dalam bentuk uang. Setelah mencapai sasaran jumlah uang yang disimpan, jumlah tsb dapat diuangkan di depan kasir toko ketika membayar, atau dalam bentuk deposito bank, atau uang tunai yang dapat di transfer ke akun PayPal. Kalau tidak mau dalam bentuk uang tunai, pengguna dapat meminta kartu hadiah atau menyumbangkannya ke yayasan sosial. Keistimewaan SavingStar termasuk salah satu layanan kupon digital yang dapat diakses melalui perangkat mobile yang dijalankan dengan sistem operasi Android (Samsung Galaxy) dan iOS (iPhone).

Hari Jumat ini SavingStar menerima tambahan modal sejumlah $9 juta dollar dari beberapa investor termasuk Edenred dan American Express Venture, seperti yang dilaporkan oleh techcrunch.com. Pada putaran pendanaan ini juga didukung oleh investor yang sudah memberikan modal sebelumnya termasuk DCM, Flybridge Capital Partners, First Round Capita, IA Ventures, Buddy Media Founder, dan beberapa pemodal pribadi. Bulan Maret 2012 lalu, SavingStar juga sudah menerima tambahan dana putaran ketiga (Seri C) sejumlah $9 juta dollar dari kelompok investor yang sama. Sejak didirikan, SavingStar berhasil meraih dana untuk modal sejumlah $27,3 juta dollar.

Keikutsertaan Edenred pada putaran pendanaan ini dalam rangka peluncuran produk baru yang dinamakan NutriSavings, yang menyediakan layanan makanan sehat bagi karyawan di tempat kerja. Tujuan dari program ini untuk membantu karyawan memilih jenis produk yang berkualitas untuk kesehatan dan membantu perusahaan memotong biaya premi untuk asuransi kesehatan. NutriSavings akan mencatat belanja karyawan dan menyediakan kupon diskon berbelanja produk sehat.


(Images: top, SavingStar logo; middle left, SavingStar homepage screenshot; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s