Advertisements

Pengiriman komputer pribadi (PC) turun 5 persen pada kuartal pertama 2015 di seluruh dunia, hanya Lenovo dan HP naik

Pembuat komputer pribadi (PC) sedang mengalami kekecewaan terhadap omzet penjualan pada kuartal pertama 2015. Menurut perkiraan sementara yang dipublikasikan oleh perusahan riset Gartner, pengiriman PC hanya mencapai 71,7 juta unit pada 1Q15 di seluruh dunia. Kalau dibandingkan dengan kuartal yang sama satu tahun lalu, penjualan PC mencapai 75,6 juta unit. Ini terjadi kemerosotan sekitar 5,2 persen dalam kurun waktu 12-bulan.

Lenovo-PCDari semua pembuat PC, hanya perusahaan berbasis di Tiongkok, Lenovo, dan perusahaan berbasis di Silicon Valley, HP, mengalami peningkatan penjualan selama kuartal pertama 2015. Omzet Lenovo naik hampir 6 persen, sedangkan HP naik sekitar 2,5 persen.

Menurut laporan Gartner, penurunan terbesar terjadi di sektor PC berbasis desktop. Sedangkan penjualan PC jenis laptop dan tablet masih dalam kondisi stabil.

Microsoft menghentikan dukungan pembaruan terhadap system operasi Windows XP pada bulan April 2014. Windows XP sudah beredar selama 13 tahun, sejak diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2001. Seiring dengan keputusan Microsoft, pabrik komputer berharap pemilik PC lama menggantikannya dengan PC yang lebih modern. Sayangnya, tidak terlalu banyak pemilik PC yang masih menggunakan system operasi Windows XP melakukan transisi pada 1Q15.

Di kalangan pengguna PC, setelah XP tamat riwayatnya, banyak peminat lebih condong memilih system operasi Windows 7 yang sudah diluncurkan sejak bulan Oktober 2009. Windows 7 sangat sederhana dan sangat kokoh. Lagi-lagi Microsoft menghentikan penjualan system operasi Windows 7 menjelang akhir tahun 2014 lalu.

System operasi penerus Windows 7 dikenal sebagai Windows 8, yang diluncurkan pada musim gugur tahun 2012. Walaupun system operasi ini kemudian diperbarui dengan Windows 8.1 pada akhir tahun 2013, tidak semua pengguna PC menyukainya. Banyak alasan pengguna tidak suka, antara lain system operasi ini seringkali rewel dan pengalaman pengguna sudah diubah untuk layar sentuh. Perubahan ke layar sentuh sangat membingungkan pengguna PC, yang sudah terbiasa dengan penggunaan mouse dan klik.

PC-Shipment-1Q15-Gartner-April-2015

(Images: top right, Lenovo PC; bottom, Worldwide PC Shipment for 1Q15, Gartner)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] membina kerja-sama dengan Yahoo dan terus mengembangkan inovasi pencarian untuk perangkat mobile. Pemakaian desktop terus merosot, pengguna sudah beralih ke mesin pencari di ponsel pintar dan tablet. Google harus pandai […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s