Advertisements

Google mengandalkan Samsung dan meluncurkan perangkat Chromebook dan Chromebox dalam upayanya untuk mengembangkan komputer pribadi berbasis awan (cloud)

Mesin pencari terbesar didunia dan mitra kerjanya Samsung meluncurkan dua perangkat baru yang dinamakan Chromebook dan Chromebox hari ini.  Google menargetkan pelanggan di dunia pendidikan dan dunia usaha.  Jadi pemilik komputer boleh akses dari rumah, sekolah maupun kantor.

Mesin baru ini dijalankan oleh sistem operasi yang berbasis awan yang sudah diluncurkan oleh Google tiga tahun lalu yang dinamakan Chrome OS.  Sistem operasi ini berhasil menggabungkan laptop/desktop lokal dan layanan berbasis cloud.  Perangkat baru ini memiliki waktu booting lebih cepat dari mesin computer lainnya.  Dengan mengandalkan Chrome OS, ini juga mempercepat pengguna untuk akses Internet browsing.  Kedua perangkat baru ini memudahkan pengguna untuk meluncurkan aplikasi dalam sekejap mata.  Google berjanji bahwa mereka akan melakukan auto-update sesering mungkin sambil menambahkan fitur-fitur baru dan menjamin perangkat tsb tetap baru.

Chromebook yang diluncurkan hari ini adalah versi ke-dua, setelah meluncurkan versi pertama tahun lalu yang rupanya tidak menarik banyak minat pembeli karena perangkat yang lama memiliki kecepatan yang tidak ideal.  Chromebook model terakhir ini adalah sebuah laptop yang memiliki microprocessor berkecepatan tinggi yang dibuat oleh Intel dan memiliki 4GB memori RAM.  Chromebook bersifat portabel dan sederhana bentuknya untuk keperluan aktivitas serbaguna dalam menjalankan tugas sekolah dan kerja di kantor.  Chromebook dari Samsung berukuran 12,1 inci, harganya dimulai pada $449.

Chromebox merupakan komputer berbasis awan yang pertama kalinya dikenal di industri komputer pribadi.  Chromebox lebih mirip  Apple Mac mini dalam ukuran kecil untuk berfungsi sebagai desktop.  Untuk menjalankan mesin ini, pemakai harus mencolokkannya ke monitor, mouse, dan keyboard.  Harga Chromebox model basic adalah $329.

Untuk meramaikan penjualan, Google bekerja sama dengan pengencer elektronik seperti BestBuy, Newegg.com, dan Amazon.  Di Amerika, calon pembeli boleh mencoba mesin terbaru ini di toko elektronik BestBuy.

(Image: Google Chromebook and Chromebox)

Advertisements

Comments

  1. saya merasa usaha Google dalam meluncurkan Chromebox maupun Chromebook adalah untuk menguasai pasar desktop/laptop. Selama ini Google selalu berambisi menjadi penguasa di segala pasar,dan mereka sudah membuktikan dengan menguasai platform smartphone dengan Android-nya dan menjadi yang nomor satu dalam penggunaan search engine

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s