Advertisements

FlightTrack Free: aplikasi bagi orang yang bepergian dengan pesawat atau menjemput seseorang di bandara, termasuk melacak keberangkatan, kedatangan, nomor gerbang, perubahan penerbangan, penundaan dan lain sebagainya

Salah satu aplikasi mobile yang banyak menerima pujian dari orang yang suka bepergian dengan pesawat atau biro perjalanan adalah FlightTrack. Aplikasi ini menjadi salah satu app yang paling laris untuk menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan perjalanan hari ini. Sayangnya pengguna aplikasi ini harus membayar untuk boleh menggunakannya, dijual di toko Apple App Store seharga $5, demikian juga aplikasi FlightTrack Pro yang dilengkapi dengan fitur kalender acara dan pemilihan kursi di pesawat dijual seharga $10.

Untuk menarik lebih banyak minat pemakai aplikasi FlightTrack, maka pembuat aplikasi ini yaitu perusahaan Mobiata meluncurkan FlightTrack Free minggu ini. Aplikasi utama FlightTrack didesain ulang, menonjolkan inovasi baru, dan lebih ramping, sehingga memungkinkan pengguna mencari jadwal keberangkatan dan kedatangan di layar yang menunjukkan informasi waktu untuk nomor penerbangan, nomor terminal, dan nomor gerbang, termasuk petunjuk penerbangan akan terlambat atau di tunda. Versi 1.0.1 dengan ukuran file sebesar 13,3 MB sudah tersedia secara gratis di toko Apple App Store dan Google Play untuk Android. Versi gratis ini tersedia dalam beberapa bahasa termasuk dalam bahasa Inggris, Spanyol, China, Belanda, Perancis, Jerman, Yunani, Italia, Jepang, Korea, Portugis, dan Rusia. Keunggulan aplikasi gratis ini termasuk rincian kedatangan dan keberangkatan pesawat. Pengguna bisa melihat jalur penerbangan penuh dan melacak status penerbangan komersial di peta. Aplikasi FlightTrack Free juga meliput 16.000 bandara dan mampu melacak 1.400 maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Mobiata didirikan oleh Ben Kazez pada tahun 2008 dimana dia memang suka melakukan perjalanan dengan pesawat dan seringkali kewalahan untuk mencari informasi penerbangan ketika berada di bandara. Mobiata pertama kali meluncurkan FlightTrack untuk iPhone pada bulan November 2008. Hanya selang beberapa hari saja aplikasi ini menjadi yang terlaris di toko Apple dan sudah mengumpulkan jutaan penggemar. Perusahaan aplikasi ini berbasis di kota Ann Arbor, negara bagian Michigan, kantornya terletak tidak jauh dari Universitas Michigan, salah satu kampus terbesar di Amerika dan yang terkenal dengan slogan “Go Blue.” Hanya dua tahun setelah meluncurkan aplikasi FlightTrack, tepatnya pada bulan November 2010, Mobiata diakuisisi oleh Expedia, salah satu biro perjalanan terbesar di Internet hari ini, yang menyediakan layanan untuk memesan dan membeli tiket pesawat, hotel, sewa mobil, cruise, dan tur.

(Image: FlightTrack Free for iPhone)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] membuka peluang bisnis bagi pembuat aplikasi untuk perangkat seluler.  Pengembang aplikasi seperti FlightTrack sudah lama menaruh perhatian terhadap kepentingan orang yang suka bepergian dan meraup pasar […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s