Advertisements

HireVue: penyedia platform berbasis cloud (awan) untuk tim perekrutan mewawancarai kandidat, bisa dipakai untuk menyaring calon pegawai lebih banyak dalam waktu singkat

Di abad ke-21 ini, untuk mengurangi biaya perjalanan wawancara, menyeleksi dan membandingkan beberapa kandidat dalam bentuk digital, banyak departmen sumber daya manusia (SDM) di perusahaan besar di Amerika sudah memanfaatkan inovasi platform berbasis cloud (awan) yang disediakan oleh HireVue untuk merekrut pegawai baru. Pemakai HireVue termasuk Starbucks, Nike, Red Bull, Intel, GAP dan Walmart, dan sekitar 300 perusahaan lainnya. Tidak heran pemodal ventura sangat berminat untuk menyuntik dana jutaan dollar untuk penyedia platform wawancara ini.

HireVue hari ini mengumumkan telah menerima pendanaan putaran ke-tiga (seri C) sebesar $22 juta, dimana dalam pendanaan ini sudah termasuk $17 juta dalam bentuk ekuitas. Pendanaan seri C ini dipimpin oleh Investor Growth Capital. Pada ronde ke-satu dan ke-dua sebelumnya, perusahaan startup ini sudah menerima pendanaan sebesar $6 juta yang dipimpin oleh Granite Ventures dan Peterson Ventures. Sejak berdiri bulan April 2004 di kota Draper, di selatan kota Salt Lake City, di negara bagian Utah, HireVue sudah mengumpulkan dana sebesar $28 juta. HireVue akan memakai dana segar baru untuk lebih agresif memperluas layanan mereka yang mencakup pasar seluruh dunia dan memodernisasi sistem perekrutan model lama yang masih dipakai oleh perusahaan-perusahaan multi-nasional.

Selain sudah banyak dipakai oleh perusahaan besar di Amerika dan di seluruh dunia, ada beberapa keunggulan platform ini, termasuk membuat wawancara kandidat tersedia sesuai permintaan (on-demand), dalam bentuk rekaman telepon dan video. Kandidat yang sudah tersaring boleh akses ke platform berbasis awan dan menanggapi pertanyaan wawancara pada saat sedang relax melalui tablet komputer, laptop komputer ataupun lewat telepon pintar (iPhone, Android, BlackBerry). Tim perekrutan dapat menonton hasil wawancara setiap saat dan di manapun saat berada. Karena hasil wawancara sudah disimpan dalam bentuk digital, maka untuk menemukan calon pegawai terbaik, tim perekrutan bisa membandingkan, menilai dan berbagi hasil penilaian mereka dengan eksekutif perusahaan sambil menerima umpan balik dan berkolaborasi dengan departmen sumber daya manusia.

(Logo: HireVue)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] startup yang mencoba memperbaiki proses pemilihan dan pengangkatan pegawai, termasuk KarmaHire, HireVue, dan lain sebagainya. Keunggulan SmartRecruiters sebenarnya berada di atas tangan pendiri startup […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s