Advertisements

Jobaline: menghubungkan pekerja upah per jam dan buruh harian lepas dengan majikan, sambil memanfaatkan teknologi cloud (awan), mobile, dan jaringan sosial

Jobaline-logoPertumbuhan ekonomi di suatu negara tidak lepas dari kebutuhan tenaga kerja, baik pekerja dengan bayaran gaji bulanan, mingguan, ataupun bayaran dengan hitungan per jam. Di Amerika hari ini diperkirakan ada sekitar 74 juta pekerja yang masuk dalam kategori pekerja yang dibayar per jam dan buruh harian lepas, yang mewakili 59 persen dari semua pekerja yang menerima upah dan gaji. Baik dengan bayaran dalam bentuk upah harian maupun dengan gaji bulanan, keberadaan para pekerja merupakan jantung untuk usaha kecil dan juga merupakan tulang punggung untuk perusahaan besar. Perusahaan besar dan kecil diperkirakan mengangkat sekitar 2,4 juta pegawai baru yang menerima upah per jam setiap bulan.

Mengingat status sebagai buruh harian dan pekerja yang dibayar per jam, ada kecenderungan kelompok pekerja ini tidak menetap dan usia pekerja kelompok ini relatif masih muda, yang mana kelompok pekerja ini juga banyak menggunakan teknologi seluler dan jaringan sosial. Karena kelompok pekerja yang bersifat musiman, maka akan terjadi banyak perubahan dan perpindahan antara pekerja yang sudah bekerja di suatu tempat ke tempat lainnya.

Secara diam-diam sebuah perusahaan startup yang diberi nama Jobaline diluncurkan awal minggu ini. Situs web ini masih berupa satu halaman dengan sebuah link yang menunjukkan video demo layanan usaha ini. Pada intinya, startup ini bertujuan untuk menghubungkan pekerja upah per jam dan buruh harian lepas dengan majikan yang cocok. Dengan memanfaatkan teknologi berbasis di awan, tim teknisi Jobaline menciptakan algoritma yang mampu melakukan pencocokan antara pekerja dengan majikan. Kemudian pekerja dan majikan akan dihubungkan dengan memanfaatkan jaringan sosial (seperti Facebook). Selama masa uji-coba yang dimulai sejak 2011, Jobaline menggandengkan sekitar 10.000 pertemuan antara calon pekerja dengan majikan. Situs web yang berfungsi penuh akan segera diluncurkan pada awal tahun 2013.

Mengingat betapa pentingnya menyediakan suatu jembatan yang menghubungkan pekerja dengan majikan, maka sudah ada beberapa investor yang bersedia menanam modal di Jobaline. Modal ventura awal sejumlah $1,5 juta dollar didukung oleh kelompok ventura dibawah naungan Madrona Venture Group yang memiliki kantor di kota Seattle dan New York.

(Image: top, Jobaline logo; click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s